Sukses

Ring Road Yogyakarta Kini Punya Nama

Arteri Yogyakarta akan diberi nama, dari nama kerajaan hingga nama pahlawan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jalan arteri yang mengililingi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau disebut dengan ring road akan diberi nama. Nama yang dipilih mulai dari nama-nama kerajaan hingga pahlawan, seperti Jalan Siliwangi, Jalan Padjadjaran, dan Jalan Brawijaya.

Pemberian nama jalan dengan nama pahlawan dan nama kerajaan dimaksudkan untuk membangkitkan persatuan bangsa. Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan, pemberian nama jalan ring road Yogya ini tercantum dalam Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 166/KEP/2017 tentang Penamaan Jalan Arteri (Ring Road) Yogyakarta.

Surat keputusan itu ditandatangi pada 24 Agustus 2017. Berisi tentang pemberian nama ruas jalan ring road Yogyakarta berikut daftar nama baru sejumlah jalan tersebut.

"Ya sudah dengan pergub," ujar Gatot, Rabu, 6 September 2017.

Gatot mengatakan untuk pelaksanaannya tidak dapat langsung. Sebab, masih ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan. "Tapi untuk implementasinya tentu butuh proses, tidak tiba-tiba langsung operasional," Gatot menambahkan.

Berikut nama jalan yang juga beredar di media sosial warga Yogyakarta.

- Jalan Siliwangi, dimulai dari Simpang Empat Pelemgurih hingga Simpang Empat Jombor (panjang ruas 8,58 km).

- Jalan Padjajaran, dimulai dari Simpang Empat Jombor hingga Simpang Tiga Maguwoharjo (panjang ruas 10 km).

- Jalan Majapahit, dimulai dari Simpang Tiga Janti hingga Simpang Empat Jalan Wonosari (panjang ruas 3,2 km).

- Jalan Ahmad Yani, dimulai dari Simpang Empat Jalan Wonosari hingga Simpang Empat Jalan Imogiri Barat (panjang ruas 6,5 km).

- Jalan Prof. Dr. Wirjono Projodikoro, dimulai dari Jalan Imogiri Barat hingga Simpang Empat Dongkelan (panjang ruas 2,78 km).

- Jalan Brawijaya, dimulai dari Simpang Empat Dongkelan hingga Simpang Tiga Gamping (panjang ruas 5,86 km).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.