Sukses

Bandung Siap Buka Pintu bagi Pengungsi Rohingya

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersedia menampung pengungsi Rohingya yang mencari suaka untuk menetap sementara.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung siap membuka pintu bagi para pengungsi Rohingya yang mencari suaka untuk menetap sementara sampai konflik di tempat tinggal mereka di Myanmar berakhir.

"Enggak ada masalah. Bandung mah namanya juga kota segala umat. Selama ada izin dari pemerintah pusat, saya kira masyarakat Bandung dan kita akan bantu," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung, Senin (4/9/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan Bandung merupakan cerminan kota yang dihuni berbagai macam etnis dan kedatangan pengungsi dari negara lain sesuai ketentuan tidak akan menjadi masalah.

"Orang tinggal di sini lebih dari 35 kelompok etnis. Semua welcome (menyambut)," kata dia.

Ia berharap langkah negara-negara di sekitar Myanmar juga membuka pintu bagi para pengungsi Rohingya. "Karena kalau kita tidak bisa bersaudara dalam keyakinan, tentulah kita tetap bersaudara dalam kemanusiaan," katanya.

Selain membuka pintu bagi para pengungsi, Pemerintah Kota Bandung akan menggalang dana melalui pejabat di daerah untuk membantu krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.