Sukses

Magelang Perbanyak Tanaman Bunga Mirip Sakura

Magelang dikenal sebagai Kota Sejuta Bunga. Pemerintah memperbanyak tanaman bunga tabepuya yang mirip sakura.

Liputan6.com, Magelang - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, memperbanyak tanaman bunga tabepuya yang mirip dengan bunga sakura di negara Jepang untuk mempercantik keindahan Kota Sejuta Bunga. Tanaman ini dimaksudkan untuk menggantikan posisi tanaman sebelumnya yang sudah ditebang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Mahbub, mengatakan penanaman pohon tersebut seiring dengan diperbaikinya saluran irigasi dan trotoar di jalan menuju ke kampus Universitas Tidar (Untidar). Tabepuya ditanam di sepanjang Jalan S. Parman Kampung Tuguran, Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang. Total sebanyak 80 pohon tabepuya ditanam menggantikan tanaman trembesi dan bintaro yang ditebang.

"Kami koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum yang memiliki proyek perbaikan irigasi dan trotoar jalan itu. Pohon trembesi dan bintaro yang ditebang kami ganti dengan tabepuya dengan jumlah yang sama," katanya, Minggu, 3 September 2017, dilansir Antara.

Ia mengatakan bunga tabepuya dipilih karena tanaman tersebut sudah terbukti memiliki bunga yang indah. Bahkan, bentuknya yang seperti bunga sakura juga mengundang daya tarik masyarakat untuk melihat.

"Ibaratnya pohon itu memiliki magnet sendiri ketika berbunga. Banyak warga yang mengabadikan mekarnya bunga itu dengan kamera, karena memang indah dilihat," katanya.

Menurut dia, bunga tabepuya yang ditanam ini berukuran lumayan besar dan diperkirakan akan berbunga dalam jangka dua hingga tiga tahun ke depan.

"Sebelumnya tabepuya sudah kami tanam, antara lain di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Tidar, Jalan Pahlawan, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan A Yani. Pada saat musimnya pasti mekar," katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.