Sukses

Daftar Jadwal dan Harga Tiket Kereta Cilacap-Yogyakarta Beredar

Apakah jadwal dan harga tiket kereta premium rute Cilacap-Yogyakarta itu benar?

Liputan6.com, Cilacap - Rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan kereta premium rute Cilacap-Yogyakarta (PP) disambut gembira masyarakat. Kegembiraan warganet pun bertambah ketika awal pekan ini muncul foto selebaran jadwal keberangkatan kereta berikut harga tiketnya.

Warganet pun menyambut hangat dan bertambah riuh. Kelihatannya, mereka tak sabar betul ingin menjajal kereta ini. Maklum, dua kereta feeder atau tambahan khusus rute Cilacap-Yogyakarta dihentikan operasinya pada awal 2000-an dan 2011 lalu.

Dalam selebaran itu, kereta bernama KA Nusakambangan Express disebut bakal melakukan perjalanan sebanyak empat kali. Dua pemberangkatan dari Cilacap ke Yogyakarta, dan dua arah sebaliknya. Adapun harga tiket adalah sebesar Rp 74 ribu.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko menyatakan, pihaknya tak pernah merilis selebaran harga tiket dan jadwal keberangkatan KA Cilacap-Yogyakarta. Itu sebabnya, dia memastikan bahwa selebaran itu adalah hoax.

"Kami belum merilis jadwal keberangkatan, harga tiket, maupun nama keretanya. Nanti, kalau sudah ada kepastian dari KAI Pusat, pasti kami akan memberi tahu," kata Ixfan kepada Liputan6.com, Kamis, 31 Agustus 2017.

Ixfan mengakui, pada mulanya KAI berencana meluncurkan kereta premium rute Cilacap-Yogyakarta pada 1 September 2017. Namun, lantaran bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha, rencana itu dibatalkan.

"Kami belum menerima informasi pasti reschedule peluncuran kereta Cilacap-Yogyakarta. Karena yang berhak untuk memutuskan adalah KAI pusat," ujarnya.

Namun begitu, Ixfan membenarkan bahwa kereta tersebut dijadwalkan bakal melakukan empat perjalanan. Dua pemberangkatan dari Cilacap, dua lainnya dari Yogyakarta.

"Tetapi, kami belum mendapat informasi pasti jam pemberangkatan, baik dari Cilacap maupun Yogayakarta. Karena informasi yang diberikan di awal bisa saja berubah," tutur Ixfan.

Berdasarkan rencana sebelumnya, pemberangkatan pertama 05.15 WIB dari Stasiun Cilacap dan tiba di Yogyakarta pada pukul 08.50 WIB menggunakan KA 10368 Premium 1 relasi Cilacap-Yogyakarta. Adapun pemberangkatan kedua dari Cilacap pada pukul 13.50 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.36 WIB menggunakan KA 10331 Premium 2.

"Kereta akan singgah di beberapa stasiun pemberhentian, yakni Maos, Kroya, Kemranjen, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Wonosari, Butuh, Kutoarjo, serta Wates," tutur Ixfan.

Sebaliknya dari Yogyakarta, KA 10370 Premium 3 relasi Yogyakarta-Cilacap diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 09.30 WIB dan tiba di Cilacap pukul 13.30 WIB. Terakhir, KA 10333 Premium 4 relasi Yogyakarta-Cilacap diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 19.15 WIB dan tiba di Cilacap pukul 22.30 WIB.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.