Sukses

Peserta Tes CPNS Kemenkumham Harus Tunjukkan Ijazah Asli

Kemenkumham Kanwil Bengkulu akan mengumumkan peserta tes CPNS yang lolos verifikasi, pada 5 September mendatang.

Liputan6.com, Bengkulu - Panitia Seleksi Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Bengkulu merampungkan proses verifikasi seluruh berkas lamaran tingkat SLTA.

Ada sebanyak 14.833 berkas yang diperiksa 15 orang. Selanjutnya, para peserta yang lolos verifikasi akan diumumkan pada 5 September mendatang, melalui kantor pusat Kemenkumham.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Djaya, mengatakan pengumuman secara resmi bisa dilihat di laman resmi Kemenkumham dan ditempel di papan pengumuman kantor wilayah masing-masing di seluruh Indonesia.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi tahap awal diwajibkan untuk mengikuti verifikasi berkas secara faktual dengan membawa seluruh dokumen asli untuk dicocokkan oleh para petugas pemeriksa pada 11 hingga 16 September mendatang.

"Seluruh dokumen termasuk ijazah asli harus ditunjukkan untuk dicocokkan oleh verifikator," ucap Ilham di Bengkulu, Kamis, 31 Agustus 2017.

Selain melakukan verifikasi administrasi faktual, panitia juga akan langsung mengukur tinggi badan peserta. Karena untuk CPNS Kemenkumham formasi SLTA ini akan bertugas sebagai penjaga tahanan, syarat minimal tinggi badan untuk pria adalah 160 sentimeter dan wanita 155 cm. Bila tidak mencapai tinggi minimal itu, peserta akan langsung dinyatakan gugur.

"Syarat tinggi minimal itu sesuai dengan nomenklatur formasi yang ada," Ilham menambahkan.

Pada 25 September hingga 3 Oktober mendatang, seluruh peserta yang lolos ke tahapan selanjutnya akan mengikuti tes kemampuan dasar di Universitas Negeri Bengkulu, menggunakan sistem Computer Assited Test atau CAT.

Seluruh soal yang diujikan kepada peserta disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN pusat, termasuk nilai standar minimum atau passing grade ditentukan oleh tim BKN secara online dan diawasi dengan kamera CCTV.

Pelaksanaan tes kemampuan dasar ini juga dilakukan untuk peserta tes CPNS formasi sarjana. Sebab, ada pengalihan lokasi tes formasi sarjana ini yang semula dilakukan terpusat di Jakarta. Namun berdasarkan berbagai pertimbangan, diputuskan tes CAT formasi sarjana diserahkan kepada Kanwil Kemenkumham masing-masing daerah.

"Khusus formasi sarjana ada pengalihan tempat tes CPNS Kemenkumham dari terpusat di Jakarta, diserahkan ke daerah, mengingat pertimbangan jarak dan biaya peserta," kata Ilham Djaya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.