Sukses

Ibu Asuh untuk Asmira Si Harimau Benggala Betina

Asmira si harimau benggala betina, merupakan kembaran Eshan yang lebih dulu memiliki orangtua asuh.

Liputan6.com, Bandung - Setelah Eshan, bayi harimau benggala (Pantera tigris Tigris) berjenis kelamin betina milik Kebun Binatang Bandung kini memiliki orang tua asuh dan nama. Sang ibu asuh bernama Lena (28), menamai Asmira untuk anak asuhnya tersebut.

Mulai hari ini, Lena menyambangi Bonbin Bandung sekaligus berinteraksi dengan Asmira untuk pertama kalinya. Wanita asal Medan, Sumatera Utara itu langsung mengajak bermain anak harimau berumur 66 hari itu.

Lena mengaku sudah lama mendambakan kucing besar seperti harimau, serigala, macan dan singa. Namun baru kali ini, dia bisa menjadi orangtua asuh untuk satwa langka.

"Saya sudah dari dulu suka semua jenis kucing besar tapi kan enggak bisa dipelihara sendiri. Lalu saya dengar kabar kalau di Bonbin ada program orangtua asuh untuk bayi harimau dan saya langsung daftar," kata Lena, Kamis (31/8/2017).

Sebagai ibu asuh bagi harimau benggala itu, Lena wajib memberi pakan Asmira selama satu tahun. Imbalannya, ia mendapatkan hak istimewa mengunjungi bonbin secara gratis selama berlangsungnya kesepakatan kontrak.

Asmira si harimau benggala betina, merupakan kembaran Eshan yang lebih dulu memiliki orangtua asuh. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Perempuan yang berprofesi sebagai dosen lepas di salah satu kampus di Jakarta ini mengaku akan rutin mengunjungi Asmira. "Setiap akhir pekan, saya usahakan ke sini menjenguk Mira," ujarnya.

Lena mengaku tak asing dengan satwa peliharaan. Dirinya memelihara beberapa kucing. Sedangkan di keluarganya pernah memelihara burung hantu, ular, dan elang.

"Di keluarga saya memang suka memelihara hewan," ucapnya.

Baik Asmira maupun Eshan lahir dari pasangan Sharuk Khan dan Cilla. Cilla didatangkan pada 3 Maret 2016 dari Maharani Zoo Lamongan.

Lena mengatakan dengan menjadi orangtua asuh ini, dirinya akan lebih menyosialisasikan harimau benggala yang statusnya dilindungi.

"Bukan karena jadi ortu jadi sayang binatang, tapi itu sudah harus dibiasakan. Yang beda kali ini saya akan lebih banyak menyosialisasikannya lewat sosial media," tuturnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.