Sukses

Hadiah Spesial bagi Penangkap Tikus Sawah Terbanyak

Hadiah spesial dari lomba tangkap tikus sawah terbanyak itu berbentuk benda dan nonbenda.

Liputan6.com, Bandar Lampung - Bupati Lampung Tengah Mustafa memberikan hadiah berupa pompa air kepada kampung di Kecamatan Seputihraman yang warganya mampu menangkap tikus terbanyak dalam geropyokan hama padi tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Bandar Lampung, Rabu, 30 Agustus 2017, dalam geropyokan tersebut, 29.623 ekor tikus berhasil ditangkap oleh para petani di 14 kampung di Kecamatan Seputihraman selama kurang dari satu hari.

"Geropyokan massal ini dilakukan karena kami tidak ingin gagal panen gara-gara tikus. Apalagi mayoritas masyarakat kami adalah petani padi," ujar Camat Seputih Raman, Nyoman Gunadi, dilansir Antara.
 
Ia menjelaskan hal itu salah satu program pemerintah kecamatan yang diberi nama "Semua Peduli". Dalam kegiatan itu, semua unsur mulai dari muspika, masyarakat, petani, dan bahkan guru terlibat.

"Seputihraman adalah salah satu kecamatan yang menjadi lumbung pangan bagi Provinsi Lampung. Untuk itu kami selalu menjaganya. Bupati Mustafa juga sangat mendukung program kami ini," kata dia.

Bentuk dukungan yang diberikan Bupati Lampung Tengah adalah bagi kampung yang mendapat tangkapan tikus paling banyak, diberi hadiah berupa pompa air. Kampung yang menerima hadiah dari Bupati Lampung Tengah tersebut adalah Kampung Rejoasri yang telah mengumpulkan 7.276 ekor tikus.

Nyoman Gunadi menjelaskan kegiatan itu akan terus menjadi agenda rutin Kecamatan Seputihraman setiap memasuki musim tanam, agar tanaman padi milik para petani tidak diserang tikus. Pihaknya berharap, ke depan masyarakat Kecamatan Seputihraman terus melaksanakan kegiatan gotong royong seperti itu.

Bupati Mustafa dalam berbagai kesempatan menyatakan tak henti-hentinya mengajak, bahkan terjun langsung untuk gotong royong bersama masyarakat, membangun daerah itu agar menjadi lebih baik.

"Jika gotong royong terus digalakkan, maka masyarakat akan menjadi kompak, petani tidak lagi mengalami gagal panen. Sehingga, jika tanaman padi subur,petani menjadi makmur, masyarakat jadi rukun, dan Lampung Tengah menjadi semakin maju dan sejahtera," kata dia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.