Sukses

Bangkai Raksasa Diduga Paus Membusuk di Pantai Yeh Kuning

Bangkai raksasa diduga paus itu memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 8 meter.

Liputan6.com, Jembrana - Bangkai hewan raksasa yang diduga paus terdampar di Pantai Yeh Kuning, Jembrana, Bali, Rabu siang, 30 Agustus 2017. Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo membenarkan ada bangkai diduga paus itu mati terdampar di kawasan Pantai Jembrana.

Rencananya, kepolisian akan mengevakusasi dan mengubur paus itu hari ini menunggu bantuan alat berat dari Pemerintah Daerah (Pemda) Jembrana.

"Jenis ikan ini belum diketahui, dari perkiraan panjangnya sekitar 6 meter dan lebar 8 meter," kata Kapolres saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut Kapolres, saat ditemukan oleh nelayan, bangkai raksasa itu sudah dalam keadaan mati dan menyebarkan aroma tak sedap. "Diperkirakan mati di tengah laut dan terseret ombak ke pesisir," ucap dia.

Pardi, salah seorang anggota BPD Desa Yeh Kuning, mengatakan bangkai hewan laut itu terlihat sejak kemarin siang. Namun, warga tak berani mengambil atau menarik bangkai itu.

"Bangkai hewan itu terdampar di dekat Pura Segara Yeh Kuning. Dari bentuknya diperkirakan hewan laut didominasi warna putih itu lebih mirip Paus," ujarnya.

Di sisi lain, salah satu Pecalang (keamanan desa), I Ketut Warsa mengatakan di pesisir Yeh Kuning tersebut sudah sering terdampar hewan-hewan laut berukuran besar. Beberapa tahun lalu di dekat lokasi saat ini, juga pernah terdampar paus tutul tetapi ukurannya lebih besar.

"Yang dulu itu (Paus) setinggi truk, untuk naik harus pakai tangga. Juga pernah lumba-lumba," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.