Sukses

Sarapan Pagi dengan Markobar yang Segera Go Internasional

Setelah membuka cabang 29 outlet di di Indonesia, kini Gibran Rakabuming Raka mencoba membuka cabang Markobar pertama di luar negeri

Liputan6.com, Solo - Bisnis kuliner martabak manis putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan segera go internasional. Markobar yang terkenal dengan martabak delapan rasa itu akan membuka cabang di Filipina pada akhir tahun mendatang.

Gibran mengatakan saat ini jumlah cabang Markobar di berbagai kota di Indonesia mencapai 29 outlet. Cabang terakhir yang baru saja diresmikan di Kota Medan.

"Sekarang di Medan ada dua cabang Markobar. Di sana pangsa pasarnya bagus," kata dia di sela-sela peluncuran produk baru Markobar di Car Free Day Solo, Minggu, 27 Agustus 2017.

Setelah sukses membuka cabang di sejumlah kota, Gibran pun kini mulai tertantang untuk go internasional dengan membuka cabang di luar negeri. Filipina menjadi negara pertama untuk pembukaan cabang luar negeri.

"Kalau buka di Indonesia sekarang sudah tidak terlalu nge-push. Kita mau fokus di luar negeri dan Filipina yang menjadi fokus utamanya saat ini," ujar suami Selvi Ananda ini.

Markobar, bisnis kuliner martabak milik putra sulung Presiden Jokowi, Gibra Rakabuming Raka akan membuka cabang luar negeri yang pertama di Filipina.(liputan6.com/Fajar Abrori)

Gibran memilih Filipina sebagai negara tujuan pertama karena berdasarkan survei pasar yang dilakukannya bahwa masyarakat negeri yang dipimpin Presiden Duterte sama seperti masyakarta Indonesia.

"Kita akan buka cabang di Manila. Nanti buka satu cabang dulu di sana. Manila kotanya besar seperti Jakarta. Selain itu orang-orangnya juga seperti Indonesia suka dengan yang manis-manis," kata dia.

Seorang karyawan Markobar sedang demo memasak martabak delapan rasa.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Markobar, dikatakan ayah Jan Ethes Srinarendra ini juga sudah mulai dikenal masyarakat Filipina. Pasalnya, ia bersama tim Markobar sudah beberapa kali berkunjung ke Manila untuk ikut pameran kuliner di negara tersebut.

"Di sana martabak seperti ini tidak ada tetapi tiap tahun kita sering ke sana ikut pameran kuliner jadi sudah tahu Markobar. Jadi di sana prospeknya terlihat bagus sekali," ungkapnya.

Salah satu outlet Markobar milik putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Untuk menembus pangsa pasar Filipina, Gibran pun menggandeng partner dari negara tersebut.

"Kita sudah ada partner orang Filipina. Nanti akhir tahun cabang pertama di Manila akan mulai dibuka," kata dia.

Selain Filipina, ia mengungkapkan saat ini sedang melakukan survei pasar di negara tetangga, Singapura. Hanya saja, Gibran belum bisa memastikan kapan Markobar akan buka cabang di negeri singa itu.

"Rencananya sih Singapura tetapi ini masih survei dulu. Kalau yang jelas dan pasti buka itu di Manila, Filipina," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.