Sukses

Nonton Karnaval Kemerdekaan di Bandung dari Dago Saja

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan bakal dimulai pukul 14.00 WIB. Warga diminta datang dengan menumpang angkutan umum saja.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyarankan warga dari dalam maupun luar Kota Bandung yang ingin menyaksikan iring-iringan Karnaval Kemerdekaan dapat menempati Jalan Ir. H. Djuanda (Dago).

"Saya sarankan kalau mau nyaman nih datangi titik Jalan Dago," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu (26/8/2017), dilansir Antara.

Menurutnya, apabila warga menonton arak-arakan di Jalan Dago seluruh momen bisa disaksikan. Bahkan, iring-iringan ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo hingga Taman Vanda.

Berdasarkan jadwal, arak-arakan akan dimulai sekitar pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB dengan rute Gedung Sate - Jalan Ir.H. Djuanda - Jalan Merdeka (Taman Vanda) - Jalan Tamblong dan berakhir di Jalan Asia Afrika.

"Karena jalan Dago itu kan dua arah, dan ada median jalan. Satu arah untuk arak-arakan, satu arah untuk warga mau duduk, mau berdiri, sangat luas," kata dia.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Emil ini juga akan membagikan hadiah pada masyarakat yang berpenampilan unik, menarik, dan kreatif saat pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan.

"Untuk foto perorangan, siapa yang selfi-nya paling keren ada hadiah sepeda buat tiga orang yang unik yang pake baju adat atau baju perjuangan," kata dia.

Selain itu, ia juga akan memberikan hadiah untuk tiga kelompok yang mengunggah foto terunik di media sosial. Hadiah yang akan diberikan pun berbeda, Emil akan mengajak para pemenang untuk makan malam bersama.

Emil juga mengajak para warga yang hendak menonton Karnaval Kemerdekaan datang mengenakan baju adat atau baju perjuangan terbaiknya. Penonton diharapkan menaiki angkutan umum daripada kendaraan pribadi karena beberapa ruas akan macet dan ditutup untuk umum.

"Kita akan bergembira dari siang-malam bersama presiden RI dan peserta karnaval dari seluruh penjuru Indonesia. Mari jadi tuan rumah yang terbaik," kata Emil.

Sementara itu, dari akun Indtagram @polrestabesbandung, sejumlah ruas jalan mengalami pengalihan arus akibat pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan yang akan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB itu. Pengalihan arus itu terdiri:

- Dari arah Juanda menuju ke Merdeka dibelokkan ke arah Riau apabila rangkaian Festival sudah sampai Jl Merdeka.

- Dari arah Purnawarman Riau tidak ada yang belok kanan ke Jl Merdeka, tetapi diluruskan ke Riau dan belok kiri ke Jl Juanda.

- Jl Aceh depan Balai kota di satu arahkan ke Masjid Al Ukhuwwah, lalu boleh belok kanan dan belok kiri Jl Wastukencana.

- Dari arah Jl Wastukencana/Purnawarman yang akan mengarah Jl Aceh diluruskan melingkar ke Jl Riau.

- Dari Jl Sumatera tidak boleh belok kanan ke Merdeka - Aceh tetapi bisa belok kiri ke Jl Aceh.

- Dari Jl Wastukencana Balai Kota dibuat dua arah, dari arah Wastukencana diluruskan ke Braga pinggir Bank Indonesia.

- Dari arah Braga Bank Indonesia tidak boleh belok kiri ke Jl Lembong.

- Dari Patung Bola dilakukan Buka Tutup jika rangkaian Karnaval Kemerdekaan mengarah Jl Asia Afrika. Sementara, kendaraan di Jl Sumatera tidak boleh luruh ke Tamblong, tetapi belok kiri ke Jl Veteran.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.