Sukses

Kapolres Cantik Antar Pulang Polisi Purna dengan Gowes Becak

Polisi purna yang diantar Kapolres Banjarnegara ke rumah menggunakan becak semringah sepanjang jalan.

Liputan6.com, Cilacap – Senyum Larasno (60) terus merekah. Polisi yang memasuki masa purna bakti setelah berdinas selama 35 tahun 3 bulan itu diantar pulang ke rumah oleh Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricilia Ohei dengan menggowes becak.

Mantan polisi berpangkat akhir Komisaris Polisi itu tak henti-henti melambaikan tangan kepada warga di pinggir jalan maupun pengendara. Senyum semringah terus tersungging ketika berkeliling kota.

"Saya tidak terbayang sampai sejauh ini kesetiaan dan penghargaan pimpinan kepada anggotanya. Ternyata sampai sejauh ini katresnan (kecintaan) dan perhatian pimpinan kepada para purna. Dengan adanya acara tadi saya merasakan rasa kekeluargaan tetap erat," tutur Larasno, Jumat, 25 Agustus 2017.

Cara unik dilakukan Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah untuk melepas 10 anggotanya yang purnabakti. Kapolres dan para perwira utama Polres mengantar para polisi sepuh itu ke rumahnya masing-masing dengan mengayuh becak.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricilia Ohei menjelaskan aksi itu untuk menunjukkan kecintaan dan penghargaan mendalam atas pengabdiannya selama puluhan tahun di kepolisian. Ia juga ingin membuat kenangan tak terlupakan untuk para polisi senior itu.

"Ada 10 becak. Hal ini dalam rangka wisuda purnabakti. Beliau yang telah melaksanakan tugas hingga masa dinasnya selesai kita berikan acara yang membuat kenangan beliau karena telah berjasa bagi Kepolisian," ucap Nona.

Menurut dia, dalam periode ini terdapat 10 anggota Polres Banjarnegara yang purnabhakti. Sembilan anggota Polres Banjarnegara tersebut meliputi delapan anggota Polri dan satu PNS Polri. Namun, satu anggota berhalangan hadir karena sakit.

"Dengan menggunakan becak ini, kami semua bisa mengemudikan becaknya secara langsung. Ini merupakan pengalaman pertama saya. Dengan acara ini semoga menjadikan kenangan tersendiri untuk beliau," kata Nona.

Selain Kapolres, seluruh perwira utama Polres Banjarnegara juga mengantar anggota polisi yang purnatugas. Antara lain, Wakapolres Banjarnegara, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, dan Kasat Binmas. Beberapa Kepala Polsek wilayah Resor Banjarnegara juga kebagian penumpang.

Sebelum diantar ke rumahnya menggunakan becak, para pensiunan polisi itu mengikuti upacara pelepasan dan tradisi pedang pora.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.