Sukses

Pernak-pernik Kerajinan Kerang di Dusun Kajongan

Liputan6.com, Tegal - Hasil kerajinan dari bahan kerang sangat memberikan manfaat, terutama dari segi pendapatan masyarakat. Salah satunya terletak di Dukuh Kajongan, Kelurahan Muarareja, Kota Tegal, Jawa Tengah, tepatnya di RT 005 RW 03, yakni Zaky Collection.

Hasil kerajinan kerang itu mampu menghasilkan lampion, vas hias, kalung, liontin, asbak, bros, dan beberapa perabot lain. 
 
Kerajinan yang dibanderol dengan harga cukup murah mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu tersebut menjadi hasil kerajinan khas warga Dukuh Kajongan. 
 
Beberapa prestasi pun pernah diraih oleh kelompok tersebut di antaranya peraih juara tiga dalam lomba Kreanova 2017 dan juara harapan dua dalam Lomba IKM Kota Tegal 2017. Pameran kerajinan tersebut pun pernah merambah pameran di kota-kota besar. 
 
Salah seorang perajin, Yuli (40), mengungkapkan bahwa keberadaan kerajinan kerang di Dukuh Kajongan, sudah ada sejak awal 2016. Ia bersama sejumlah warga Kajongan memproduksi kerajinan kerang. 
 
"Kami mengikuti pelatihan, membentuk kelompok dan memproduksi kerajinan kerang yang akhirnya sekarang kami berusaha untuk mengembangkan prosuk kami dan memasarkannya," ucap Yuli, Rabu 9 Agustus 2017.
 
Sedangkan Sahilah (38), yang juga selaku perajin menuturkan kecintaannya tehadap kerajinan kerang dan terus mengembangkan motif. 
 
"Pas sekali bagi saya, untuk kegiatan di sela kesenggangan sehari-hari, dengan membuat kerajinan saya mampu memahami ketelitian motif dan juga sekaligus untuk mengenalkan produk khas dari Dukuh Kajongan, sehingga mampu dikenal di masyarakat luas," kata Sakilah.
 
Para perajin juga berharap adanya keinginan untuk memiliki tempat khusus produksi dan tempat pamer produk-produknya. 
 
"Ya harapan kami ke depan ada tempat khusus yang dijadikan memproduksi sekaligus digunakan pamer produk hasil kerajinan. Sehingga para perajin disini lebih mudah dalam memasarkan serta berinovasi," dia memungkasi.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.