Sukses

Rekor Gapura Merah Putih Terbanyak Selama HUT ke-72 RI

Liputan6.com, Semarang Melihat pintu masuk atau gapura yang tampak bersih, tidak jarang menumbuhkan penilaian positif bagi wilayah yang akan didatangi. Tidak saja keindahan yang dipuji, namun kebersamaan dan kerukunan tergambar dari tugu selamat dating yang dibuat warga.

Atas semangat menumbuhkan kebersamaan itulah, dengan semangat masyarakat di seluruh daerah dengan semangat kebersamaan menghias gapura menggunakan cat warna-warni di perayaan HUT RI ke 72.

“Jika biasanya kami mengecat gapura menggunakan cat yang dibeli secara swadaya atau urunan warga. Tahun ini berbeda, karena adanya bantuan cat dari Nippon paint Indonesia memberikan batuan empat kaleng cat berisi 5 liter cat warna merah dan putih,” kata Noor Murod, Ketua RT 06 RW 03, Kelurahan Semarang Barat.

Bantuan cat dalam program Nippon paint Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak di Indonesia, membuat warga hanya perlu mengeluarkan tenaga untuk mengecat.

“Kami mengecat bersama-sama. Cat diberi toko Bintang Jaya. Setelah dibuat seindah mungkin, kemudian kami gunakan untuk foto bersama dan hasilnya RT kami dapat membuat Kota Semarang juara,” kata Noor sambil menjinjing piala dan hadiah uang tunai Rp 30 juta.

Pemberian cat gratis ini menurut Chief Executive officer decorative paint Nippon Paint Indonesia, Jon Tan sebanyak 50.000 liter. Cat itu diberikan untuk mengecat sebanyak 4.614 gapura.

Berpose setelah sukses meraih penghargaan tertinggi di Indonesia dalam program Gapura Merah Putih. (foto : Liputan6.com/Felek Wahyu)

“Distribusi melalui 142 retail yang terbagi di seluruh kota dari Aceh hingga Papua. Untuk kota Semarang, pengecatan dilakukan pada 777 gapura,” kata Jon Tan.

Pengecatan gapura merah putih, merupakan bakti sosial perusahaan untuk menjaga semangat persaudaraan dan gotongroyong yang sudah menjadi identitas warga Indonesia. Keinginan menjaga semangat gotongroyong, ternyata mampu membuat produsen cat yang memiliki market sekitar 20 % dari total penjualan cat secata nasional itu meraih penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI).

Sementara itu Ariyani Siregar, deputy Manager MURI mengungkapkan, pemberian rekor dilakukan karena kegiatan yang dilakukan Nippon Paint dengan menginisiasi pengecatan Gapura Merah Putih bersama masyarakat merupakan upaya yang patut dihargai. “Kegiatan ini kita catatkan dalam rekor Muri dengan nomor 8046,” kata Ariyani.

 

Artikel Selanjutnya
Wow, Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Kota Tangerang
Artikel Selanjutnya
Kala Sang Saka Merah Putih Berkibar di Langit Korea Utara