Sukses

Cara Suku Baduy Peringati HUT ke-72 RI

Liputan6.com, Lebak - Ratusan anggota suku Baduy Dalam dan Luar mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-72 RI dengan membacakan ikrar kesetiaan kepada Negara Kesatuan RI (NKRI) di lapangan Terminal Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Dengan demikian, menurut Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, peran besar suku Baduy bukanlah sekadar ucapan atau retorika belaka. Bahkan, peran suku Baduy salah satunya ditandai eksistensi pemuda Baduy dalam mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi anggota Polri.

"Hal ini juga membuktikan bahwa warga suku Baduy memiliki daya siang yang tinggi untuk menghadapi era kompetisi," ucap Kapolda Banten, Kamis, 17 Agustus 2017.

Kapolda pun berharap ikrar warga suku adat Baduy akan menjadi contoh dan memberikan inspirasi bagi seluruh komponen bangsa untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, setia dan siap mempertahankan keutuhan NKRI.

"Kita patut berbangga dan mengapresiasi karena kuatnya nilai nasionalisme dan nilai kultural," ujarnya.

Sedangkan di tempat lain, ribuan karyawan badan usaha milik negara (BUMN) bersama pelajar dan warga di sekitar Anyer menggelar upacara bendera di pinggir Pantai Florida. Mereka pun menggelar lomba tujuh belasan seperti lomba bakiak, balap karung hingga panjat pinang.

"Program BUMN hadir untuk negeri merupakan kegiatan sinergi dari seluruh BUMN agar keberadaannya benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia," kata Alex J Sinaga selaku Direktur Utara PT Telkom, Kamis, 17 Agustus 2017.

Staf khusus Kementerian BUMN, yang hadir yakni Budi Gunadi Sadikin pun ikut serta mengikuti lomba bakiak dan balap karung yang digelar oleh perusahaan pelat merah tersebut. Selain itu, sebanyak 150 rumah veteran yang di bawah naungan Kodam III/Siliwangi pun dibedah oleh BUMN yang ada di Jawa Barat dan Banten.

"Sudah selayaknya BUMN memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat. Mengingat keberadaan BUMN memang untuk masyarakat Indonesia sejak lahirnya," kata Dirut PT Telkom.

Ada berbagai lomba dalam kegiatan bertema "BUMN untuk Negeri" seperti panjat pinang sebanyak 11 buah, lomba memasukkan paku ke dalam botol, hingga lomba bakiak. Kesenian debus dan pencak silat khas Banten pun ikut menyemarakkan perayaan HUT ke-72 RI.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kala Sang Saka Merah Putih Berkibar di Langit Korea Utara
Artikel Selanjutnya
5 Perayaan HUT ke-72 RI Paling Tak Lazim di Berbagai Daerah