Sukses

Waduh, 32 Ibu Hamil di Sidoarjo Terjangkit HIV/AIDS

Hingga kini, sebanyak 66 pengidap HIV/AIDS di Situbondo meninggal dunia sepanjang 2016.

Liputan6.com, Situbondo - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat pada 2017 ditemukan puluhan ibu hamil terjangkit atau menderita Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS).

"Tahun ini (2017) saja penderita HIV/AIDS yang baru ditemukan ada sekitar 200 orang, dan dari ratusan pengidap HIV/AIDS baru ini sebanyak 32 orang di antaranya merupakan ibu sedang hamil," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo Abu Bakar Abdi di Situbondo, Rabu, 16 Agustus 2017, dilansir Antara.

Ia menyebutkan jumlah penderita HIV/AIDS sejak 2010 hingga Agustus 2017 terus bertambah. Saat ini, tercatat sebanyak 810 orang yang terjangkit virus mematikan tersebut.

Ratusan pengidap HIV/AIDS itu, katanya, tersebar di 17 kecamatan Kabupaten Situbondo. Pada 2016, penderita HIV/AIDS tercatat ada sekitar 66 orang meninggal dunia.

"Saat ini, kami terus fokus melakukan pendampingan medis bagi penderita HIV/AIDS, termasuk bagi ibu hamil, agar tidak menular ke bayi yang dikandungnya," ucapnya.

Abu Bakar mengatakan penderita HIV/AIDS baru di Situbondo memang cukup tinggi, sehingga Dinas Kesehatan melakukan gerakan mobile voluntary counseling test (VCT) dan petugas Dinas Kesehatan juga mendeteksi lebih dini dengan cara memeriksa setiap ibu hamil.

Ia menambahkan penyebab tertinggi penderita HIV/AIDS adalah perilaku seks bebas atau sering berganti pasangan. Pengidap HIV/AIDS menyentuh semua kalangan dan masih berusia produktif di bawah usia 50 tahun.

"Yang paling memprihatinkan jika seorang kepala keluarga melakukan hubungan seksual dengan PSK yang terjangkit HIV/AIDS kemudian dengan mudah menularkan virus tersebut kepada istrinya," ujar Abu Bakar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.