Sukses

Penyelam Morotai Akan Kibarkan Merah Putih Dekat Bangkai Pesawat

Penyelaman dan pengibaran bendera merah putih akan berlangsung di Wawama Wreck Point, lokasi andalan para penyelam di Morotai.

Liputan6.com, Ternate - Sejumlah penyelam di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), akan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih pada kedalaman 45 meter di bawah permukaan laut. Penyelaman dan pengibaran bendera merah putih itu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI.

Anggota Komunitas Selam Morotai, Icky Kaotjil mengatakan, peringatan HUT RI tahun ini menjadi perhatian khusus bagi komunitas penyelam di Morotai.

"Sudah sekian kali kita melakukan pengibaran bendera di bawah laut. Namun, untuk yang kedalaman 45 meter baru kali ini kita lakukan," ucap dia saat dihubungi dari Ternate, Maluku Utara, Selasa (15/8/2017), dilansir Antara.

Menurut dia, penyelaman akan berlangsung di Wawama Wreck Point, lokasi andalan para penyelam yang berkunjung ke Morotai. Lokasinya di sekitar museum bawah laut berupa bangkai pesawat peninggalan Perang Dunia II.

"Ini adalah salah satu spot yang paling diminati divers domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Selain penyelaman dan pengibaran bendera, Icky, seorang pemerhati lingkungan mengatakan bahwa pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan pembersihan pantai. Terutama, mendorong masyarakat di Pulau Morotai agar menjaga lingkungan pantai dan melestarikan benda peninggalan Perang Dunia II di daerah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.