Sukses

Aksi Unik Emak-Emak Sambut Pagi di Makassar

Keceriaan emak-emak di Kota Makassar, Sulsel, dalam rangka menyambut perayaan HUT RI patut menjadi contoh.

Liputan6.com, Makassar - Keceriaan emak-emak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia atau HUT RI patut menjadi contoh.

Tak hanya gesit dalam menjalankan aktivitas di dapur, emak-emak RT 06/009 Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, ternyata juga jago dalam merias lorong rumahnya menjadi cantik bagaikan pelangi. Kegiatan emak-emak yang dimulai sejak matahari bersinar seolah sebagai ucapan salam pagi bagi penduduk desa mereka.

"Kegiatan gotong royong mewarnai lorong yang dilakukan para ibu-ibu di sini murni panggilan hati," ucap Waris selaku Lurah Bangkala kepada Liputan6.com, Kamis, 10 Agustus 2017.

Emak-emak tersebut sadar akan lingkungan yang bersih. "Dan alhamdulillah hampir seluruh lorong yang ada di Kecamatan Manggala, semuanya bersih dan cantik," ujar sang lurah.

Tak hanya tenaga, imbuh Waris, emak-emak di RT 06/009 tersebut juga mengumpulkan dana pribadi masing-masing untuk membeli cat menyulap lorong tempat tinggal mereka agar kelihatan cantik dan bersih.

"Inilah yang kita harapkan kesadaran warga di sini begitu tinggi, sehingga sebagai pemerintah setempat kami juga sangat terbantu dan kami pasti sangat mengapresiasi," katanya.

Ia berharap, kreasi emak-emak tersebut dapat memotivasi para ibu yang ada di Kecamatan Manggala. Dengan demikian, program kebersihan yang telah dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dapat terwujud. Hal itu pun sudah terbukti dengan diraihnya Piala Adipura tahun ini.

"Kita ingin melihat masyarakat Kota Makassar, khususnya di Kecamatan Manggala, dapat hidup dalam lingkungan yang asri dan bersih. Seperti yang sudah kita lihat saat ini," Lurah Bangkala memungkasi.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.