Sukses

Berapa Biaya Nikah Mantan Pengamen Makassar dan Jurnalis Prancis?

Undangan yang disebar mantan pengamen Makassar dan jurnalis dari Prancis mencapai 1.000 buah, tetapi yang datang lebih dari itu.

Liputan6.com, Makassar - Menikah dengan adat Bugis-Makassar, Risal Hamid, mantan pengamen Makassar yang menikahi jurnalis asal Paris, Prancis, Julie Martha, ternyata merogoh kocek lebih dari Rp 1 miliar.

Hal itu diungkapkan pemuda 36 tahun yang akrab disapa Ijal itu saat dikonfirmasi, Selasa, 8 Agustus 2017. Ijal mengatakan bahwa meski tanpa uang panai, dirinya harus mengeluarkan ongkos pernikahan yang begitu besar.

"Sebenarnya tidak ada uang panai, tapi kalau dikalkulasi ongkosnya itu lebih dari Rp 1 miliar," kata Ijal kepada Liputan6.com.

Ijal menyebutkan biaya pernikahannya mencapai angka Rp 1 miliar lebih karena dirinya mengadakan dua kali resepsi pernikahan. Pertama di kawasan Balai Kota Paris, Prancis, pada Mei lalu dan yang kedua di Makassar pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

"Kita kan dua kali resepsi. Pertama di Jalan Batignolles, kawasan Balai Kota Paris, Prancis, lalu acara lagi di Makassar. Di Makassar pun acara pagi di rumah, lalu resepsi di hotel Pantai Gapura," tutur Ijal.

Belum lagi, kata Ijal, saat resepsi pernikahan di Makassar, Sulawesi Selatan, keluarga dari istrinya tercinta ikut diboyong. Sedikitnya, 60 anggota keluarga Julie Martha yang hadir dalam resepsi pernikahannya, termasuk ayah dan ibu Julie.

"Sekitar 60 keluarga istri saya dari Paris datang ke Makassar. Bayangkan saja akomodasinya habis berapa," ucapnya.

Selain itu, saat mengadakan resepsi di Makassar, tak ia sangka undangan yang hadir tiba-tiba membeludak. Menurut Ijal, undangan yang ia sebar hanya seribu, tetapi yang hadir lebih banyak dari undangan tersebut.

"Sampai-sampai pihak hotel Pantai Gapura bilang kalau ini adalah pesta teramai selama ini," katanya.

Selain ongkos resepsi pernikahan, biaya lainnya ia keluarkan saat menggelar sesi foto prewedding. Ongkosnya membengkak karena sesi foto berlangsung di dalam dan luar negeri.

"Pertama kita prewedding di Paris, lalu prewedding lagi di Makassar pakai baju adat Bugis Makassar, baju bodo," tuturnya.

Sebelumnya, Risal Hamid (36), pemuda asal Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar jadi buah bibir di media sosial usai menikahi wanita berkewarganegaraan Perancis, Julie Martha (36), pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

Ijal, begitu Risal Hamid akrab disapa, ia awalnya merupakan pengamen yang biasa tampil di sekitar Pantai Losari, Kota Makassar. Karier Ijal mulai menanjak setelah merantau ke Jakarta berkat kepiawaiannya bermain gitar dan menciptakan lagu yang membuatnya dilirik oleh artis-artis Ibu Kota.

Sementara itu, Julie adalah seorang jurnalis yang saat ini bekerja sebagai editor di Courrier International, salah satu media yang ada di Paris, Prancis.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.