Sukses

Warga Aceh Juga Bisa Saksikan Gerhana Bulan Sebagian, Asal...

Tahun ini diperkirakan terjadi empat gerhana. Salah satu di antaranya adalah gerhana bulan sebagian yang terjadi pada malam ini.

Liputan6.com, Banda Aceh - Mayoritas warga yang tinggal di Aceh bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian, jika cuaca cerah tepat pukul 22.48 WIB.

"Kalau malam ini dan besok malam cuaca cerah, maka kita bisa saksikan bersama gerhana bulan," ucap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Eridawati di Aceh Besar, Senin (7/8/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan, gerhana bulan sebagian itu bisa dilihat dua malam berturut-turut. Peristiwa gerhana bulan dimulai pada malam ini pukul 22.48 WIB hingga Selasa, 8 Agustus 2017, pukul 03.52 WIB yang merupakan fase gerhana berakhir.

Namun, gerhana bulan kali ini bersifat parsial atau cuma sebagian saja dengan durasi waktu selama lima jam 4,9 menit. "Di mana puncak gerhana bulan ini terjadi tepat pada pukul 01.20 WIB untuk wilayah di Aceh tersebut," katanya.

Dalam keterangannya BMKG menjelaskan, gerhana bulan akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini. Peristiwa ini cuma terjadi pada saat fase terjadinya bulan purnama yang dapat diprediksi tanggal kejadian sebelumnya.

Adapun gerhana matahari merupakan suatu peristiwa terhalang cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi saat fase bulan baru.

Pada 2017 diprediksi empat kali gerhana yakni gerhana bulan penumbra pada 11 Februari tahun ini dan telah terjadi yang dapat diamati dari Indonesia bagian Barat.

Lalu, gerhana matahari cincin pada 26 Februari 2017, dan telah terjadi yang tidak dapat diamati dari Indonesia. Sedangkan, yang akan terjadi gerhana bulan sebagian pada 7 sampai 8 Agustus tahun ini dan dapat diamati dari Indonesia.

Terakhir gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017 dan tidak dapat diamati dari Indonesia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.