Sukses

Semerbak Harum Bunga Sambut Pagi di Kota Tomohon

Suasana pagi yang masih dibalut embun dan dingin yang cukup menusuk, menjadi lebih asri dengan pemandangan ribuan kuntum beragam bunga.

Liputan6.com, Tomohon - Berkunjung ke Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, rasanya tak lengkap jika Anda tidak datang ke area perkebunan bunga. Kawasan ini membentang di jalur lingkar timur dan barat, Kelurahan Kakaskasen III, Kecamatan Tomohon Utara.

Suasana pagi yang masih dibalut embun, dan dingin yang cukup menusuk, menjadi lebih asri dengan pemandangan ribuan kuntum bunga berbagai jenis dan warna. Aroma khas bunga itu bakal lebih dulu menyambut Anda sebelum melihat warna-warni indahnya bunga-bunga tersebut.

"Tak hanya sejuk, tapi harum bunga ini membuat kami enggan beranjak dari sini," ucap Evangline Aruperes, warga Kabupaten Minahasa Selatan, yang datang ke Tomohon untuk melihat langsung bagaimana proses budi daya tanaman bunga, Minggu, 6 Agustus 2017.

Evangline menjelaskan, Kota Tomohon mempunyai iklim dan tekstur tanah yang berbeda dengan daerah lainnya di Sulawesi Utara. "Sehingga memang budi daya tanaman bunga sangat cocok. Tinggal bagaimana pemerintah menyikapi secara serius," ujar dia.

Ribuan kuntum bunga yang sementara mekar itu tidak berada di lahan terbuka. Sebuah ruangan khusus yang disebut screen house berukuran 10x20 meter menjadi "rumah" yang nyaman untuk bunga-bunga itu.

"Dalam satu screen house ini kita bisa menghasilkan tujuh ribu sampai sepuluh ribu kuntum bunga," tutur Alex Mongdong (48), salah satu petani penggarap di jalur lingkar timur Tomohon.

Keindahan bunga-bunga di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Di screen house itu terdapat berbagai varian bunga seperti krisan, aster, gladiol, dan lainnya. "Khusus krisan memang harus ditanam di screen house karena membutuhkan kondisi lingkungan yang stabil, terutama menyangkut curah hujan dan temperatur," sebut dia.

Meski lokasi budi daya tanaman bunga ini cukup jauh di kaki Gunung Mahawu dan Gunung Lokon, jarak tersebut tak menyurutkan niat dan antusiasme warga untuk berkunjung. "Biar jauh tetap saya datangi, karena pemandangan seperti ini hanya ada di Tomohon," kata Helen Andries, warga Manado.

Keindahan bunga-bunga di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Pemerintah Kota Tomohon memang sedang mempersiapkan ajang berskala internasional, yakni Tomohon International Festival Flowers (TIFF), pada 8 Agustus 2017 mendatang.

Meski diwarnai kontroversi mulai dari ketersediaan stok bunga, hingga keuntungan dari ajang tersebut, kondisi itu tak mengurangi keindahan untuk menikmati pagi di antara ribuan kuntum bunga yang menebarkan keharumannya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.