Sukses

Pagi di Sendang Bulus Ponorogo yang Ditinggal Pergi Penghuninya

Objek wisata Sendang Bulus yang terletak di Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim, dahulu kerap dibanjiri para pelancong.

Liputan6.com, Ponorogo - Objek wisata Sendang Bulus yang terletak di Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dahulu kerap dibanjiri para pelancong, terutama saat pagi hari. Namun, kini, tempat wisata ini seolah sudah tidak dilirik oleh wisatawan.

Sendang berarti kolam, sedangkan bulus merupakan nama lain dari kura-kura. Di area ini tersebut, dahulu banyak ditemui bulus, tapi sekarang tidak lagi.

Kurang tersedianya pakan, banyaknya pencurian bulus, dan kura-kura yang kabur dari dalam kolam, membuat Sendang Bulus kini seakan tak memiliki lagi hewan amfibi tersebut. Di kolam seluas 200 meter persegi ini, tidak ada bulus yang menampakkan diri.

"Tahun 1983 dulu, saya bersama Karang Taruna berusaha mengembalikan bulus ke kolam. Tapi, tetap saja bulus itu kembali ke sungai-sungai sekitar sendang," ucap Sekretaris Desa Pager, Sugito, saat ditemui Liputan6.com di Kantor Desa Pager, Ponorogo, Rabu, 2 Agustus 2017.

Sugito menjelaskan, sebenarnya masih ada beberapa bulus di dalam kolam. Hanya saja, binatang tersebut tidak mau menampakkan diri meskipun sudah diberi pakan. Pasalnya, bulus ini takut diambil orang.

"Kalau diberi pakan ayam potong gitu keluar, tapi cuma sebentar terus berenang lagi di kolam," katanya.

Tugu Sendang Bulus di Desa Pager, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jatim, kini terabaikan. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Perangkat desa lainnya, Suratman, berharap ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo terkait hal ini. Potensi Sendang Bulus sebagai desa wisata harus digalakkan kembali.

"Di Ponorogo, cuma ada satu-satunya di sini, harusnya segera diperhatikan, sayang kalau dibiarkan. Kami pun sudah mengajukan dana untuk perbaikan sendang," ujar dia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.