Sukses

Komitmen Wagub Deddy Mizwar soal Bobotoh dan Jakmania

Wagub Jabar Deddy Mizwar menyatakan siap memfasilitasi Bobotoh dan Jakmania.

Liputan6.com, Cirebon - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan Pemprov Jabar siap memfasilitasi perdamaian Bobotoh dan Jakmania, suporter Persib Bandung dan Persija Jakarta yang dikenal kerap berseteru. Insiden kematian seorang suporter, Ricko Andrean (22), diharapkan tak terulang.

“Kalau untuk perdamaian kami siap fasilitasi. Tapi kalau mau saling hujat, kami tidak mau,” kata Deddy di sela mengikuti kegiatan menanam mangrove di Kabupaten Cirebon, Minggu 30 Juli 2017.

Deddy mengaku prihatin dengan kondisi persepakbolaan nasional yang masih saja memakan korban jiwa. Peristiwa yang menewaskan Ricko Andrean diharapkan menjadi bahan renungan serius untuk segera mengambil jalan damai.

Deddy menyambut baik adanya gerakan inisiasi untuk mengakhiri perseteruan antar dua klub besar itu. Dia mengatakan, Pemprov Jawa Barat siap menjadi mediator untuk bisa melaksanakan hal tersebut.

Menurut Deddy, tidak ada manfaatnya permusuhan yang sering terjadi antarsuporter. Padahal, para pemain yang menjadi tokoh sentral dalam olahraga tersebut, berteman baik dengan lawan-lawannya.

Dia berharap semua pertandingan sepak bola di Indonesia tidak lagi dihiasi dengan kekerasan, saling hujat, dan kebencian. Deddy juga meminta dua suporter harus sama-sama mengambil hikmah dalam peristiwa tersebut.

"Mungkin ini juga salah satu faktor, yang menjadikan sepak bola di Indonesia tidak maju," kata Deddy.

Ia meminta kedua suporter bisa saling memahami dan meningkatkan nilai-nilai sportivitas. Suporter juga harus menjaga nilai kemanusiaan.

"Masa sesama warga Indonesia harus saling bermusuhan?" ujar Deddy.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.