Sukses

Aksi Keren Bobotoh dan Jakmania di Purwakarta

Bupati Purwakarta ajak Bobotoh dan Jakmania nonton bareng.

Liputan6.com, Purwakarta - Komunitas suporter Persib Bandung, Bobotoh, dan komunitas suporter Persija Jakarta, The Jak Mania, melakukan aksi pengumpulan seribu tanda tangan sebagai tanda perdamaian antara dua kelompok suporter yang kerap berseteru tersebut.

Aksi simpatik ini digelar di kompleks Taman Sri Baduga Purwakarta yang bersebelahan dengan Taman Surawisesa di Jalan KK Singawinata, Purwakarta, Minggu (30/7/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota dan simpatisan suporter dari keduanya. Selain itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang dikenal sebagai Bobotoh Maung Bandung. Ia mengaku terharu karena perdamaian telah terjadi di antara dua kelompok suporter tersebut.

"Saya bersyukur, bangga, sekaligus terharu. Dua kelompok yang selama ini berselisih ternyata bisa berdamai, mereka bernyanyi bersama, saling berbalas chant. Semoga selamanya terus berdampingan," kata Dedi.

Ia mengapresiasi aksi spontan yang dilakukan oleh kedua kelompok suporter yang dilatarbelakangi oleh kejadian korban pemukulan salah sasaran Ricko Andrean.

"Ini murni kreativitas anak-anak Purwakarta dari Viking dan The Jak. Kami dukung penuh aksi-aksi seperti ini, tanpa inisiasi dari kami mereka bergerak, ini bagus karena timbul dari kesadaran mereka sendiri", tambahnya.

Ke depan dimungkinkan untuk diadakan nonton bareng saat Persib dan Persija kembali bertanding. Hal ini agar menjadi bukti bahwa elemen suporter keduanya sudah berdamai dan saling menghormati.

"Kalau nanti ada pertandingan Persib dan Persija lagi, jika situasi memungkinkan kita bisa nonton bareng di Purwakarta. Saya kira banyak orang yang menantikan momen kedua suporter-nya bisa hadir berdampingan. Itu kita dukung," ujar Dedi.

Usai membubuhkan tanda tangan, kedua suporter kesebelasan yang mengarungi musim kompetisi di Liga 1 ini tampak berangkulan satu sama lain sambil menyanyikan chant. Tanda tangan mereka bubuhkan di atas kain putih sepanjang puluhan meter.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.