Sukses

7 Sekolah Terbakar, 700 Siswa Kehilangan Tempat Belajar

Jika sekolah-sekolah terus terbakar, pemerintah setempat tak mampu rehabilitasi.

Liputan6.com, Palangka Raya - Rentetan kebakaran menghanguskan sekolah-sekolah di Palangka Raya, Kalimantan Tengah dalam waktu berdekatan. Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya mencatat, akibat kebakaran yang terjadi di tujuh Sekolah Dasar Negeri (SDN) dalam kurun sembilan hari (21-30 Juli 2017), sekitar 700 siswa kehilangan tempat belajar.

"Untuk sementara, anak didik kita pindahkan ke sejumlah sekolah yang ada di Palangka Raya sambil menunggu adanya perbaikan sekolah mereka yang terbakar," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan, di lokasi kebakaran SDN 1 Menteng, Minggu (30/7/2017).

Soal kapan rencana akan kembali dibangun sekolah yang terbakar itu ia mengaku saat ini masih terus melakukan langkah koordinasi dengan sejumlah pihak.

"Untuk kebakaran yang di beberapa sekolah, kita sudah laporkan kepada Kementerian Pendidikan dan kemarin tim mereka datang meninjau lokasi yang terbakar,"ujarnya.

Untuk solusi jangka pendek, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan DPRD Kota Palangka Raya agar bisa dimasukkan dalam APBD tahun 2018. Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya Riban Satia mengaku berat untuk membangun sekolah yang terbakar bila terus terjadi kebakaran.

"Kalau terus seperti ini (kebakaran) kita tidak mampu (bangun kembali sekolah yang terbakar)", ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk membangun SDN 1 Palangka Raya yang terbakar pekan lalu saja dibutuhkan dana Rp 2,3 miliar untuk rehabilitasi berat. Namun, bila hanya rehabilitasi ringan Rp 1,8 miliar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.