Sukses

Bandara Adisutjipto Operasikan Alat Canggih Deteksi Narkoba

Alat pendeteksi narkoba canggih di Bandara Adisutjipto itu bahkan mampu mendeteksi narkoba di dalam darah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Landasan Udara (Lanud) Adisutjipto kini memiliki alat pendeteksi narkoba super canggih. Alat bernama evident investigator itu berfungsi untuk mengetahui kadar pemakaian dan jenis-jenis narkoba secara kuantitatif.

Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga, menjelaskan, kecanggihan alat tersebut di antaranya mampu mendeteksi kandungan narkoba di dalam rambut, air liur, bahkan darah.

"Biasanya, alat pemeriksaan narkoba hanya mendeteksi secara umum, tidak sedetail evident investigator ini," ujarnya, Kamis, 27 Juli 2017.

Novyan mengungkapkan, evident investigator dioperasikan bertujuan untuk memerangi peredaran narkoba di kalangan internal bandara. Ia tidak menampik anggapan jika peredaran narkoba kini telah merebak di kalangan internal.

"Narkoba sudah jadi ancaman. Saat ini, harus dipastikan aparat penegak hukumnya bersih lebih dulu," ujarnya.

Ia menilai akan semakin sulit untuk memerangi narkoba apabila para penegak hukumnya justru terlibat. Maka, alat itu akan digunakan secara rutin untuk memastikan TNI AU bebas narkoba.

Sementara itu, Dansatpom Lanud Adisutjipto, Letkol Pom Yudi Pratikno menambahkan, evident investigator nantinya dapat digunakan untuk membantu BNN dan polisi untuk memerangi narkoba. Sebab, bandar narkoba sekarang ini semakin andal mengelabui BNN dan polisi.

"Penting bagi aparat penegak hukum (BNN dan polisi) untuk memiliki alat canggih ini guna mendukung kinerja aparat dalam memberantas narkoba," tuturnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.