Sukses

5 Ribu Calon Haji Asal Embarkasi Solo Belum Pegang Visa

Liputan6.com, Solo - Calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo belum sepenuhnya memegang visa. Ada 5.000 calon jemaah haji yang belum memperoleh visa sebagai syarat untuk keberangkatan haji ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Tengah, Farhani menyebutkan ada sekitar 34.000 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Solo. Para calon jemaah haji itu berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari jumlah itu ada sekitar 5.000 calon jemaah haji yang belum mendapatkan visa karena proses pengajuan belum selesai.

"Jadi gini, kita memang memprioritaskan pengurusan visa kepada para calo jemaah haji yang berangkat pada kloter awal. Jangan sampai yang berangkat kloter belakang, tetapi visanya sudah jadi, sedangkan yang berangkat pada awal-awal malah belum jadi visanya," ujar dia di Solo, Kamis (27/7/2017). 

Menurut dia, belum rampungnya visa disebabkan banyaknya jumlah antrean di Kedutaan Arab Saudi di Jakarta. Oleh sebab itu, ia bisa memastikan jika visa calon jemaah haji yang belum rampung itu akan selesai tepat waktu.

"Harapan kita semuanya sesuai rencana. Tidak akan mengganggu jadwal keberangkatan ke Tanah Suci." kata dia.

Sementara itu, perihal sarana dan prasarana Asrama Haji Donohudan, ia menjamin sudah siap digunakan. Ia sudah melakukan pengecekan kelengkapan fasilitas. "Fasilitas keran, AC, tempat tidur sudah dicek dan siap digunakan," ujarnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.