Sukses

Bandara Adisucipto Ditutup, Ada Apa?

Liputan6.com, Yogyakarta- Bandara Adisucipto Yogyakarta ditutup sementara pada 09.30-10.30 WIB. Terkait penutupan itu, calon penumpang diimbau tidak panik. Pihak Angkasa Pura mengatakan, penutupan terkait kegiatan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirja ke-92. 

Liza Anindya dari Humas Angkasa Pura Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mengatakan, bandara akan ditutup selama satu jam. Penutupan bandara ini terkait dengan simulasi fire building exercise, aircraft accident exercise and security exercise.

Dia mengatakan pihaknya sudah memasang banner informasi terkait kegiatan hari ini. Meskipun simulasi direncanakan selesai hingga pukul 15.30 WIB, penutupan runway bandara hanya selama satu jam.

"Runway close selama 1 jam mulai pukul 09.30-10.30 WIB. Runway aja yang close, tapi bandara tetap beroperasi," ujarnya Kamis (27/7/2017).

Liza juga meminta calon penumpang tidak panik karena ada kegiatan tersebut. Sebab, simulasi itu dimaksudkan untuk menunjang pelaksanaan bandara dalam menghadapi situasi gawat darurat.

"Beberapa hari sebelum latihan ini, kita sudah informasikan lewat media sosial. Bahwa hari ini ada kegiatan penanggulangan keadaan darurat. Jadi, penumpang kami imbau untuk tidak panik,” ujarnya.

Agenda simulasi hari ini di antaranya, penanganan fire building, di mana tim akan memadamkan api di gedung  kargo. Selain itu, ada pula simulasi bagaimana menghadapi aircraft accident di Bandara Adi Sutjipto.

"Hanya satu jam setelah itu ada security exercise di lingkungan Bandara Adisucipto seperti ada demo itu. Kita lanjutkan setelah ishoma dan itu sebagai rangkaian simulasi terakhir," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.