Sukses

Wali Kota Risma: Pangeran Charles Puji Program Sampah Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diundang Pangeran Charles untuk presentasi kebijakan pembangunan terutama pengolahan sampah plastik.

 

Liputan6.com, Jakarta - Putra mahkota Inggris Pangeran Charles mengapresiasi aksi dan kebijakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mengelola sampah plastik. Kebijakan pengelolaan sampah plastik di Surabaya dinilai bisa jadi percontohan tingkat internasional.

Kehadiran Risma, panggilan akrab Tri Rismaharini, di Kerajaan Inggris selain diundang Pangeran Charles juga untuk menghadiri acara Simposium Internasional ke-9 PPI-Dunia dan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) Konvensi Internasional Sarjana Indonesia (ISIC-SI 2017) diadakan mahasiswa Indonesia.

Para mahasiswa itu tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia PPI UK di Warwick Arts Centre, University of Warwick Senin dan akan berlangsung hingga 27 Juli 2017.

Risma mengatakan Pangeran Charles mengapresiasi apa yang dikerjakannya dalam mengelola sampah plastik di Surabaya.

"Saya diundang oleh Pangeran Charles dan mempresentasikan bagaimana Surabaya mengelola sampah plastik," ujar Risma, Senin siang 24 Juli 2017 waktu Inggris, dilansir Antara.

Dalam pemaparan pada sesi pembangunan, Wali kota Surabaya itu menjelaskan tentang keberhasilannya dalam mengelola kota Surabaya menjadi lebih baik dan asri. Maka Surabaya yang selama ini dinilai sebagai kota yang panas dan semrawut menjadi kota yang nyaman.

Surabaya di bawah kepemimpinannya berhasil menjadi Kota Terbaik Se-Asia-Pasifik versi Citynet pada tahun 2012 dan meraih Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, Enviromentally Award 2012 serta Nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013.

Selain itu, Surabaya juga meraih dua kategori penghargaan tingkat Asia-Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia-Pasifik.

Sementara Taman Bungkul mendapatkan penghargaan tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB. Sedangkan Risma mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai wali kota terbaik pada Februari 2014. Ia juga mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014.

Risma juga mengapresiasi acara konferensi yang diadakan mahasiswa Indonesia dengan para wakil dari 50 negara di dunia itu. "Bagus sekali acara yang dilengkapi dengan para pembicaranya yang beragam," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.