Sukses

Ledakan Rumah Kosong di Kebumen Terdengar hingga Radius 1,5 Km

Liputan6.com, Kebumen - Warga Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dikagetkan dengan ledakan hebat yang tiba-tiba terjadi di rumah kosong milik Eko Kurniawan (31), Sabtu, 22 Juli 2017, sekitar pukul 21.30 WIB.

Ledakan itu menyebabkan tujuh rumah rusak, sedangkan data lain menyebutkan sekitar 15 rumah yang rusak. "Ada tujuh rumah ikut rusak, dua (di antaranya) rumah rusak berat," ucap Kepala Bidang Humas Polda Jateng, AKBP Djarod Padakova, di Kebumen, Minggu (23/7/2017).

Berdasarkan olah tempat kejadian perkara atau TKP yang digelar Tim Inafis Polri, ledakan diduga berasal dari bahan mercon atau petasan. Menurut Djarod, rumah kosong itu memang digunakan untuk memproduksi mercon.



"Ya, Inafis sedang bekerja hari ini. Mengumpulkan bukti-bukti di lapangan dan mengumpulkan keterangan saksi-saksi. Itu disebabkan oleh ledakan mercon. Itu memang digunakan untuk pembuatan mercon," dia menjelaskan.

Soal ledakan yang sampai merusak tujuh rumah di sekitarnya, Djarod menduga bahan merconnya cukup banyak. Ledakan ini bukan berasal dari mercon yang sudah jadi, melainkan dari bahannya.

"Ya, masih dalam bentuk bahan-bahan. Masih kita dalami," ujarnya.

Dalam ledakan petasan tersebut, kepolisian belum menetapkan tersangka. "Kita lihat nanti, kita periksa, kita dalami," Djarod menambahkan.

Sejauh ini, polisi belum menemukan kaitan antara kepemilikan bahan peledak dan jaringan teroris. "Sementara ini belum ada kaitan ke sana," katanya.

Aparat kepolisian juga masih menutup area ledakan, mengumpulkan bukti-bukti, dan keterangan saksi. "Ya, masih ditutup. Langsung dipimpin oleh Kapolres Kebumen," ia memungkasi.

Adapun ledakan petasan di rumah kosong itu cukup keras, sehingga terdengar sampai Markas Polsek Alian yang berjarak 1,5 kilometer dari lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.