Sukses

10 Ribu Tanda Tangan dari Malang untuk KPK

Liputan6.com, Malang - Aliansi Masyarakat Anak Negeri (AMAN) Malang Raya, Jawa Timur, menggalang 10 ribu tanda tangan gerakan mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aksi digelar di Taman Merbabu Kota Malang pada Sabtu (22/7/2017) sore.

Koordinator AMAN Malang Raya, Joko Laksono Putro, mengatakan penggalangan tanda tangan merupakan gerakan kultural menolak upaya pelemahan pemberantasan korupsi yang merujuk pada revisi UU KPK.

"Ada upaya pelemahan yang harus dilawan. Masyarakat harus memberikan dukungan untuk KPK. Tanda tangan itu nanti akan diserahkan ke KPK," kata Joko di Malang, Sabtu (22/7/2017).

Tanda tangan dibubuhkan pada banner berukuran 1x5 meter. AMAN terdiri dari berbagai organisasi lintas agama, budaya sampai sejumlah komunitas. Selain di Taman Merbabu, penggalangan tanda tangan juga akan dilakukan di Jalan Ijen pada Minggu 23 Juli pagi atau saat car free day.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji turut membubuhkan tanda tangan dukungan kepada KPK. Menurutnya, revisi UU KPK merupakan hak konstitusional tapi tak boleh sampai ada pelemahan terhadap komisi antirasuah tersebut.

“Sampai saat ini kepercayaan masyarakat terhadap KPK masih sangat tinggi. Eksistensi lembaga ini justru harus dikuatkan,” kata Sutiaji.

Kota Malang berkomitmen dalam upaya pencegahan korupsi. Tahun depan akan digagas penerapan electronic government (e-government). Perencanaan anggaran misalnya, harus bisa menerapkan electronic budgenting (e-budgeting) dengan semua pengawasan berbasis teknologi informasi.

"Itu sekaligus upaya membangun sistem, sehingga semuanya nanti mudah dikontrol. Semoga tahun depan bisa terlaksana," ucap Sutiaji.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.