Sukses

2 Gedung SD di Palangka Raya Terbakar Usai Jam Sekolah

Liputan6.com, Palangka Raya - Kebakaran yang melanda gedung sekolah kembali terjadi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Kebakaran kali ini justru menghanguskan dua sekolah dasar negeri (SDN) di waktu yang hampir bersamaan.

Kebakaran pertama terjadi pada Jumat siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB, di SDN 4 Menteng yang berada di Jalan MH Thamrin, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Si jago merah meludeskan enam ruang seperti ruang kelas satu, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan kantin sekolah.

Kebakaran yang terjadi di SDN 4 Menteng yang merupakan salah satu sekolah favorit ini terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui sumber apinya. Kobaran api dengan cepat  langsung menyambar sejumlah ruangan.

"Saya sempat kaget ketika lewat di situ. Padahal yang terbakar itu ruang kelas satu. Untungnya saat kejadian, anak-anak sudah pulang," ucap Dewi, salah satu ibu siswa kelas 1 SDN 4 Menteng, di lokasi kejadian, Jumat (21/7/2017).

Saksi mata lainnya mengatakan, kebakaran itu terjadi awalnya di atas atap sekolah. "Saat itu, kami berusaha untuk mendobrak pintu guna melakukan pemadaman. Namun, apinya keburu besar," ujar Dewyk, salah satu warga setempat.

Kendati menghanguskan enam ruangan sekolah, kebakaran terjadi saat siswa usai belajar. Selain itu, kobaran api tidak merembet ke sekolah yang berada di belakangnya, yakni SDN Percobaan. Padahal, kedua sekolah ini lokasinya berdempetan.

Setelah berjuang hampir satu jam, para petugas dengan sejumlah kendaraan dari Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) berhasil menjinakkan amukan si jago merah.

Kebakaran di Sekolah Lain

Dalam waktu hampir bersamaan, sekitar pukul 14.00 WIB, kebakaran juga terjadi di SDN 4 Langkai, Palangka Raya. Namun, petugas kebakaran dapat segera memadamkan kobaran api di sekolah yang lokasinya berada di belakang Kantor Bank Indonesia ini.

Saat ini, aparat kepolisian sudah melingkari dua lokasi kebakaran dengan garis polisi.

Kebakaran yang melanda gedung sekolah bukan kejadian pertama di ibu kota Provinsi Kalteng tersebut. Sebelumnya, tepatnya pada Selasa malam, 4 Juli 2017, kebakaran juga menghanguskan enam ruangan SDN 1 Palangka di Jalan Arut, depan Mapolda Kalteng.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, kebakaran saat itu yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, nyaris merembet ke SDN 6 Palangka di Jalan Tjilik Riwut Kilometer 1 yang berada di sampingnya.

Kendati demikian, ruangan SDN 6 Palangka tidak mengalami kerusakan. Sebab, Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) bersama water cannon milik Direktorat Sabhara Polda Kalteng dibantu Brigade Rescue, berhasil menerobos dan segera memadamkan kobaran api.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.