Sukses

Sugeng Rawuh, Selamat Datang di Bandara Adisucipto Yogyakarta

Bandara Adisutjipto merupakan bandara pertama yang menggunakan bahasa Jawa untuk mengumumkan informasi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warna lokal hadir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Bahasa Jawa menjadi salah satu bahasa yang digunakan untuk mengumumkan informasi. PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto menerapkan kebijakan itu sejak Senin, 17 Juli 2017.

"Penambahan bahasa dalam penyampaian informasi ini diharapkan dapat menghadirkan keramahan Yogyakarta di bandara, sekaligus mengenalkan serta mempromosikan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah ke wisatawan yang lewat Bandara Adisutjipto," ujar General Manager PT AP I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Penggunaan bahasa daerah di bandara memang bukan sesuatu yang lazim. Biasanya, pengumuman disampaikan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Selain Bandara Adisutjipto, pengumuman informasi dalam bahasa daerah juga diterapkan di Bandara H Aroeppala Selayar Sulawesi Selatan.

Ia menuturkan, bandara menjadi etalase yang mendukung pariwisata. Oleh karena itu, PT AP I Bandara Adisutjipto mendukung langkah pemerintah daerah yang menargetkan peningkatan empat persen wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pada 2018, salah satunya melalui promosi wisata Yogyakarta.

Bandara Adisutjipto, tutur Pandu, merupakan bandara pertama yang menghadirkan bahasa Jawa untuk mengumumkan informasi kepada penumpang. "Ini menjadi wujud komitmen kami dalam melayani sekaligus mendukung kearifan lokal seni budaya dan pariwisata di Yogyakarta," ucapnya.

Rahma Aprilia, salah satu penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, mengapresiasi kebijakan itu. "Tidak semua penumpang paham bahasa Inggris, ada juga yang lebih paham bahasa Jawa, jadi lebih membantu," kata Rahma.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.