Sukses

Wali Kota se-Indonesia Berkumpul di Malang, Ada Apa?

Pawai budaya sampai pameran produk unggulan akan menyemarakkan rapat para wali kota itu.

Liputan6.com, Malang - Seluruh wali kota se-Indonesia bakal berkumpul di Kota Malang, Jawa Timur, selama dua hari ke depan. Selain itu, ribuan delegasi dari berbagai kota juga ikut serta mendampingi kepala daerah masing–masing selama di Malang.

Mereka hadir untuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) selama 19-20 Juli2017. Terpilihnya Kota Malang sebagai tuan rumah disebut pemerintah kota setempat sebagai sejarah yang sulit terulang.

"Ini sejarah, tentu ini sulit terulang. Semua kota ingin jadi tuan rumah, tapi kita yang dipilih," ucap Wali Kota Malang, Moch Anton, Senin, 17 Juli 2017.

Sebanyak 98 wali kota dari berbagai daerah dijadwalkan hadir. Tiap kepala daerah membawa 60 orang delegasi. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dijadwalkan membuka kegiatan itu. Sejumlah agenda pelengkap disiapkan untuk memeriahkan Rakernas Apeksi tersebut.

Beberapa kegiatan itu misalnya penanaman pohon oleh para wali kota, pawai budaya Nusantara sampai Indonesia City Expo (ICE). Di ajang ICE, bakal dipamerkan produk unggulan tiap kota. Anton meminta warga Kota Malang berpartisipasi mendukung kegiatan tersebut.

"Sebagai tuan rumah, saya ajak seluruh warga kota mewujudkan rasa nyaman dan aman," ujar Anton.

Terpilihnya Kota Malang sebagai tuan rumah diputuskan pada Juli 2016 silam sebagai hasil dari Musyawarah Nasional Apeksi di Jambi 2016. Munas Apeksi saat itu juga menetapkan Wali Kota Tangerang Selatan, Banten, Airin Rachmi Diany sebagai Ketua Apeksi periode 2016-2020.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.