Sukses

Solo Batik Carnival dan Jember Fashion Carnaval Berpadu Hari Ini

Solo Batik Carnival menginjak umur satu dekade, mengundang Jember Fashion Carnival.

Liputan6.com, Solo - Solo Batik Carnival (SBC), pesta karnaval kostum batik di Solo, digelar Sabtu (15/7/2017) ini. Mengambil tema Astamurti Kawijayan, karnaval yang menginjak umur satu dekade ini bakal memberikan sajian spesial yakni mengundang peserta dari Jember Fashion Carnival.

Ketua Yayasan Solo Batik Carnival, Susanto, mengatakan karnaval yang memperagakan kreasi kostum batik akan diikuti sebanyak 245 peserta dari Solo. Selain itu dalam dalam perhelatan ini juga kedatangan tamu 50 peserta dari Jember Fashion Carnival dan 40 peserta dari Cirebon Caruban Carnival.

"Tahun ini merupakan spesial performance karena kedatangan bintang tamu peserta dari Jember Fashion Carnival. Ini sangat spesial karena dua karnaval besar di Indonesia tampil jadi satu di Solo," kata dia, Jumat, 14 Juli 2017.

Setiap peserta akan menampilkan masing-masing kreasi kotum batik yang telah ditentukan panitia. Ada enam jenis kostum, yaitu sekar jagad, wayang, Jawa dwipa, topeng panji, legenda, dan jatayu.

"Masing-masing tema kostum nanti akan dibagikan menjadi satu defile. Sedangkan Jatayu sebagai maskotnya," ujarnya.

Solo Batik Carnival aksi bareng Jember Fashion Carnaval (Liputan6.com / Fajar Abrori)

Rute karnaval akan menempuh jarak sekitar 3 kilometer. Mulai dari depan Stadion Sriwedari di Jalan Bhayangkara, melintasi jalan Slamet Riyadi, hingga berakhir di Benteng Vastenburg.

"Nanti peserta akan melakukan performing di panggung Jalan Bhayangkara dan di Ngarsopuro. Di Ngarsopuro akan diiringi tabuhan dari Gilang Ramadhan School Drum," jelasnya.

Solo Batik Carnival kali ini juga dimeriahkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yang akan ikut karnaval. Dua pemimpin Kota Solo itu akan mengenakan kostum kreasi batik Jatayu.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.