Sukses

Toilet Bawah Tanah Malioboro Segera Hadir di Titik Nol Yogya

Pembangunan toilet bawah tanah di Malioboro awalnya ditargetkan dimulai pada 2016.

Liputan6.com, Yogyakarta - Malioboro semakin memanjakan warga dan wisatawan dengan pembangunan fasilitas toilet bawah tanah pada tahun ini. Pelaksana lapangan proyek pembangunan toilet bawah tanah di kawasan titik nol kilometer Kota Yogya, Wintawan Alka Putranto, mengatakan proses pembangunan toilet itu terbagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama adalah pembangunan infrastruktur yang ditargetkan selesai pada bulan ini. Berikutnya adalah arsitektur dan terakhir pemasangan listrik. Ia berharap pembangunan 20 toilet bawah tanah di depan gedung Bank Indonesia itu selesai sesuai target. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 55 persen.

"Kami akan melaksanakan arsitektur dan mekanikal elektrikal. Fasilitas kami bintang lima. Kami akan membuat 20 toilet, ada ruang difabel, ruang menyusui, fasilitas AC dan pengolahan limbah itu sendiri dan lainnya sekelas bintang lima," ujarnya di lokasi, Rabu, 12 Juli 2017.

Wintawan mengatakan pembangunan toilet bawah tanah itu dimulai dengan penggalian tanah sedalam lebih dari enam meter. Setelah penggalian, pihaknya akan berkonsentrasi dalam pembangunan di dalam tanah, baik arsitektural dan mekanikal, secara bersamaan.

"Kami juga kerja sama dengan rekanan untuk mengejakan dua tahap itu. Pemasangan keramik lantai, dinding, dan berikut elektrikanya, AC. Sesuai kontrak, kami harapkan kedua hal ini kami selesaikan di bulan November pertengahan," ujarnya.

Wintawan mengatakan saat ini proses pembangunan toilet sampai pada tahap pengurukan di samping sisi struktur yang sudah jadi. Sehingga, bangunan seluas 2.500 meter persegi ini akan kembali seperti sebelum dibangun toilet bawah tanah.

"Kami tidak tahu setelah selesai akan dijadikan apa. Kami hanya melakukan apa yang ditujukan kepada kami," ujarnya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.