Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kisah Nusakambangan yang Tak Lagi Angker

Liputan6.com, Cilacap - Top 3 Berita Hari Ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, kerap disetarakan dengan Alcatraz, penjara pulau di tengah Teluk San Francisco, Amerika Serikat. Namun belakangan, kasus napi kabur terus berulang. Tercatat, sejak awal 2017, sudah lima napi yang berhasil kabur dari Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Apa penyebabnya? Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah beralasan, kondisi lapas yang telah termakan usia membuat beberapa bagian bangunan mulai lapuk. Ditambah lagi, tempat para napi narkoba itu dibangun sejak jaman kolonial Belanda.

Jumlah napi yang semakin banyak dipindahkan ke Nusakambangan juga berbanding terbalik dengan batas kapasitas lapas menampung para napi. Hal itu pula yang mempengaruhi kurangnya daya jangkau petugas lapas untuk mengawasi ribuan tahanan.

Di Cilacap, sebuah surat yang ditulis di secarik kertas membuat bulu tengkuk pembacanya berdiri. Karena surat tersebut dibuat oleh seorang pria yang mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Lewat surat tersebut, Sumanto menitipkan handphone keluaran lama untuk sang istri tercinta. Dia mengatakan akan menunggu istrinya itu meneleponnya di alam sana.

Hingga malam ini berhasil tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal Regional, Rabu (12/7/2017).

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:  

1. Napi Kabur Lagi, Lapas Nusakambangan Tak Lagi Angker?

Lapas di Nusakambangan sering disetarakan dengan Alcatraz di Amerika Serikat. Namun belakangan, kasus napi kabur berulang. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Kesan angker melekat pada Nusakambangan, pulau berjuluk pulau kematian yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ditilik sejarahnya, Nusakambangan selalu bertautan dengan kisah-kisah kematian.

Letaknya pun terpisah dari daratan Jawa. Kalaupun si napi berhasil kabur dari lapas, dia diyakini tak akan sanggup menyeberangi selat itu walau memiliki kemampuan menyelam layaknya berang-berang.

Namun, awal Juli 2017i, dua napi kabur. Ini merupakan peristiwa kedua yang terjadi dalam rentang Juni hingga Juli ini. Bahkan, sejak awal 2017, tercatat lima napi berhasil kabur dari Nusakambangan.

Terkait napi-napi kabur tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono menjelaskan, beberapa bagian di Lapas Besi dan sejumlah lapas lainnya memang dalam kondisi lapuk. Pasalnya, lapas merupakan peninggalan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.

Apalagi, kata dia, Kemenkumham akan menambah kuota napi Nusakambangan dengan memindahkan sebanyak 1.000 napi dari berbagai lapas di Indonesia ke Nusakambangan, mulai tahun ini.

Selengkapnya...

2 Wasiat Konyol Pria Cilacap Sebelum Bunuh Diri

Tubuh kaku pria Cilacap yang bunuh diri itu ditemukan pertama kali oleh anaknya yang masih SD. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Diduga tak kuat lantaran ditinggal sang istri bekerja ke Jakarta, seorang lelaki di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri, Selasa, 11 Juli 2017.

Yang membuat bulu kuduk berdiri, sebelum bunuh diri itu, si lelaki, Sumanto (34), menulis surat di secarik kertas.

Dalam surat itu, dia juga mengatakan hanya bisa meninggalkan handphone keluaran lama. Namun di saat bersamaan, dia juga mengatakan akan menunggu istrinya itu meneleponnya di alam sana.

"Aku cuma bisa aweh gie maring kowe. Anggep bae gie pranti telpunan karo aku ... Aku arep nunggu kowe telponan lewat HP gie (Aku cuma bisa kasih ini ke kamu. Anggap saja ini sebagai alat untuk meneleponku... Aku akan menunggu kamu menelepon dengan HP ini)," kata Sumanto, dalam surat yang ditinggalkannya.

Di bagian akhir surat, Sumanto meminta agar istrinya mau menjaga anak-anak mereka disertai pernyataan cinta mendalam.

Selengkapnya...

3. Bayi-Bayi Ajaib yang Bikin Heboh

Ilustrasi Bayi.

Banyak orangtua merasakan kebahagiaan menjadi ayah dan ibu ketika anak mereka lahir. Sebab, kelahiran bayi merupakan momen yang ditunggu-tunggu setelah sembilan bulan ibu mengandung.

Tak cuma jadi kabar bahagia buat orangtua dan keluarga, ada juga beberapa bayi yang baru lahir malah bikin heboh masyarakat.

Masyarakat Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan kabar seorang remaja yang tiba-tiba mengandung dan dalam tempo dua jam langsung melahirkan. Tidak hanya itu, bayi ajaib yang dilahirkan remaja berusia 19 tahun itu dikabarkan langsung dapat mengucapkan salam.

"Ajaibnya lagi, bayi itu langsung bisa bilang 'Assalamualaikum' tiga kali, terus katanya suaranya seperti orang dewasa," tutur Abdul Khalik, salah seorang warga yang ikut berkunjung ke rumah remaja tersebut.

Selengkapnya...

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Hindari 6 Perawatan Kulit Ini di Rumah
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Tips Selfie Sempurna dari Si Cantik Tyna Mirdad