Sukses

Tak Ada Sepeda dari Jokowi di Puncak Festival Kuda Sumba

Presiden Jokowi menghadiri puncak Festival Kuda Sandelwood di Sumba.

Liputan6.com, Sumba - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak kegiatan Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun ikat di Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Presiden didampingi Ibu Negara dan rombongan tiba di Bandara Tambolaka dengan menggunakan pesawat kepresidenan tepat pukul 10.15 Wita.

Presiden akan mendapat gelar Rato Sumba Barat Daya atau dan akan diberikan parang khas Sumba yang gagang dibuat dari gading gajah serta diberikan sebuah kuda Sandelwood sebagai penghormatan tertinggi.

"Kunjungan Presiden ini tentunya akan membawa dampak positif. Saya mengajak semua masyarakat di daerah ini untuk menyukseskan kunjungan ini," ujar Gubernur Frans Lebu Raya yang turut menyambut.

Menurut Gubernur Lebu Raya, kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut merupakan bentuk dukungan konkret terhadap percepatan pembangunan di NTT, khususnya di Pulau Sumba.

"Kunjungan ini memperlihatkan komitmen Presiden dalam membangun pariwisata Sumba yang potensial. Karena itu, kita mesti menjadi tuan rumah yang baik dan mempersiapkan segala sesuatunya secara menarik," kata Lebu Raya.

Dia berharap agar di setiap pulau besar di NTT diselenggarakan event-event pariwisata khusus.

"Kedua kegiatan ini merupakan branding Pulau Sumba. Keduanya diharapkan dapat meningkatkan nilai sosial-ekonomis kuda dan tenun ikat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke depannya," imbuh Lebu Raya.

Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu mengungkapkan, masyarakat Sumba Barat Daya menyambut kedatangan Presiden dengan sukacita.

"Kita berharap agar Presiden Jokowi mendapat kesan istimewa tentang Sumba. Karena itu, seluruh masyarakat Sumba Barat Daya bertekad menjadi tuan rumah yang baik lewat atraksi budaya yang memikat," kata Markus.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara mendarat di Tambolaka pada pukul 10.00 Wita hari ini. Selanjutnya, ia mengikuti upacara Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun ikat di Lapangan Galatama Tambolaka.

Jokowi hanya singgah di Sumba selama 2,5 ja. Dalam tatap muka dengan warga kali ini, ia tak membagi-bagikan sepeda seperti biasanya.

Dari Sumba , Presiden akan ke Makassar. Presiden bersama rombongan dijadwalkan akan santap siang di Tambolaka sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke Makassar untuk menghadiri Harkopnas.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.