Sukses

Gempa 5,5 SR Getarkan Sukabumi hingga Serang

Getaran gempa bumi sekitar 1-3 detik dirasakan warga Sukabumi, Lebak, dan Serang.

Liputan6.com, Lebak - Gempa bumi berkekuatan 5.5 skala Richter menggetarkan wilayah selatan Jawa Barat dan Banten pada Minggu subuh tadi sekitar pukul 05.48 WIB. Koordinat gempa berada pada 7.66 Lintang Selatan dan 105.85 Bujur Timur.

Kedalaman gempa bumi tersebut berada di 10 kilometer. Sedangkan pusat gempa terletak di 129 kilometer barat daya Lebak, Banten, dan 144 km barat daya, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 150 km barat darat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Sejauh ini korban jiwa belum ada laporan. Kerugian materi dalam pendataan," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu (9/7/2017) pagi.

Gempa dirasakan sejumlah wilayah selatan Jawa Barat dan Banten. "Gempa dirasakan di Kabupaten Lebak, Banten. Namun, gempa dirasakan kuat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, selama 1-3 detik," tutur Sutopo.

Gempa bumi juga dirasakan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sementara di Kabupaten Serang, Banten, gempa dirasakan lemah dan berlangsung selama 1-2 detik. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

Sejauh ini, menurut Sutopo, Tim Kota Sukabumi sedang melakukan monitoring dan pendataan. Pendataan terhadap dampak gempa bumi juga dilakukan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Serang.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.