Sukses

Pesawat AMA Ditemukan di Sekitar Gunung Napua Jayawijaya

Informasi dari masyarakat setempat, pesawat berbadan kecil itu jatuh di sebelah kiri Gunung Napua dekat Kampung Walaik, Kabupaten Jayawijaya

Liputan6.com, Jayapura - Pesawat AMA (Associated Mission Aviation) jenis Pilatus Portes dengan nomor registrasi PK-RCX yang hilang kontak, akhirnya ditemukan pada ketinggian 8.500 kaki atau sekitar 2.590 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Direktur AMA, Djarot Soetanto menyebutkan penemuan pesawat AMA berada pada koordinat S 04 10. 75 E 138 51.45 atau sekitar 8 nm dari Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya.

"Soal pesawat hancur dan tidaknya yang berhak bicara adalah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," kata Djarot, Rabu (5/7/2017) sore.

Sementara itu, Kepala Bandara Wamena, Rasburhani menyebutkan, penemuan pesawat tersebut sekitar pukul 17.17 WIT. Esok hari, proses evakuasi akan dilakukan dengan helikopter.

"Penemuan titik koordinat itu dilakukan melalui udara," ia menjelaskan.

Informasi dari masyarakat setempat, pesawat berbadan kecil itu jatuh di sebelah kiri Gunung Napua dekat Kampung Walaik, Kabupaten Jayawijaya. Saat ini, masyarakat sedang menuju lokasi tersebut dengan naik dua mobil jenis dua gardan yang biasa digunakan pada jalan terjal dan berbatu.

Pesawat AMA nomor registrasi PK-RCX hilang kontak delapan menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Wamena. Pesawat yang membawa tiga penumpang, terbang dari Wamena sekitar pukul 11.08 WIT, seharusnya tiba di Darakma sekitar pukul 11.30 WIT.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.