Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kiamat Kecil Kawah Sileri Musnahkan Desa

Liputan6.com, Banjarnegara - Top 3 Berita Hari Ini, Kawah Sileri di Pegunungan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, dalam sejarah tercatat pernah meletus pada tahun 1944, 1964, 1984, 2003, dan 2009. Beberapa di antara letusan bahkan mengakibatkan ratusan jiwa menjadi korban.

Desa Jawera menjadi saksi kedahsyatan letusan Kawah Sileri. Material batu dan abu panas yang terlempar dari kawah mencapai radius 2 kilometer dengan berat batu mencapai 1,5 kilogram. Hingga membuat Desa Jawera lenyap, seperti ditelan bumi.

Kabar lainnya yang tak kalah menggemparkan, tiga pria berpakaian serba hitam membuat warga di Pulau Makalehi, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, resah. Kabar itu pun dengan cepat menyebar melalui media sosial.

Siapakah sebenarnya tiga sosok pria berpakaian serba hitam itu?

Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal Regional, Selasa (4/7/2017).

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Kisah Kiamat Kecil Letusan Kawah Sileri Mengubur Satu Desa

Panorama Dataran Tinggi Dieng (DTD) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Kawah Sileri hanya satu di antara delapan kawah aktif di kaldera raksasa Pegunungan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Namun, kawah ini diklaim sebagai kawah teraktif.

Pada zaman modern, kawah ini tercatat meletus pada tahun 1944, 1964, 1984, 2003, 2009, dan hingga saat ini.

Di sebelah Kawah Sileri yang sekarang, saat itu ada sebuah desa bernama Desa Jawera. Akibat letusan pada 13 Desember 1944, Desa Jawera dihujani material dari letusan Kawah Sileri. Sebanyak 177 orang menjadi korban. Warga yang selamat mengungsi. Kemudian desa itu lenyap dari peta.

Kala itu, Desa Jawera yang berada sekitar sebelah atas utara Kawah Sileri dihujani batu dan material panas, seperti abu. 

Selengkapnya...

2. Kabar 3 Pria Berpakaian Serba Hitam Resahkan Warga Perbatasan

Ilustrasi Ninja

Merebaknya informasi adanya sejumlah pria tak dikenal memasuki salah satu pulau di perbatasan, yakni Pulau Makalehi, Kecamatan Siau Barat (Sibar), Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Minggu malam, 2 Juli 2017, membuat TNI, Polri, dan pemerintah daerah terus mengintensifkan kegiatan patroli pulau-pulau terluar.

Informasi dirangkum dari masyarakat setempat menyebutkan pada Minggu malam sekitar pukul 20.18 Wita, terlihat tiga pria tak dikenal mengenakan pakaian berwarna hitam.

"Begitu menerima laporan, anggota kami di sana (Makalehi) langsung melakukan pendalaman informasi tersebut," kata Kapolsek Urban Sibar Kompol Winsulangi Pandensolang, Senin, 3 Juli 2017.

Kapolsek mengimbau agar masyarakat tidak terpancing dengan informasi yang beredar luas karena belum terbukti kebenarannya. 

Selengkapnya...

3. Usai Ancam Bunuh Diri, Remaja 16 Tahun Nikahi Nenek 71 Tahun

Pernikahan beda usia yang terpaut 55 Tahun terjadi di Kabupaten OKU Sumsel (Liputan6.com / ist - Nefri Inge)

Pernikahan dengan beda usia yang jauh kembali terjadi. Kali ini terjadi di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). Pasangan pengantin baru ini terpaut usia cukup jauh yaitu 55 tahun.

Pengantin laki-laki yang bernama Selamet Riyadi baru menginjak usia 16 tahun, sedangkan mempelai wanita bernama Rohaya sudah berusia 71 tahun.

Menurut Cik Ani, Kepala Desa Karang Endah, sebelum sah menjadi suami istri, keluarga mempelai laki-laki menolak pernikahan tersebut.

Karena restu tidak kunjung didapatkan, Selamet dan Rohaya malah nekat akan bunuh diri dengan menenggak racun rumput.

Selengkapnya...

 

Saksikan video menarik di bawah ini: