Sukses

Kawah Sileri Dieng Berpotensi Alami Letusan Susulan

Petugas memasang garis polisi di sekitar Kawah Sileri Dieng.

Liputan6.com, Banjarnegara - Letusan asap putih tebal setinggi 50 meter terjadi di Kawah Sileri pada objek wisata Dieng Banjarnegara di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (2/7/2017) siang.

Tim gabungan yang terdiri dari polisi, SAR, BPBD, dan relawan sudah mengevakuasi para korban yang terluka maupun warga yang tinggal di sekitar lokasi kawah.

Kasubbag Humas Polres Banjarnegara AKP Endang mengatakan, sampai saat ini, anggota Polres Banjarnegara bersama Polsek Batur yang dipimpin langsung Kapolres Banjarnegara mengevakuasi di sekitar lokasi kejadian.

"Evakuasi dilakukan dengan memasang garis polisi pada lokasi kejadian. Sementara itu, masyarakat di sekitar objek wisata Dieng, khususnya di sekitar Kawah Sileri radius 1-2 kilometer, sudah mulai meninggalkan lokasi," ucap Endang.

Menurut Surip dari Pos Gunung Api Dieng, kejadian tersebut juga berpotensi menimbulkan letupan susulan. "Ada potensi letupan susulan," ucap Surip.

Maka itu, ia mengimbau warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kawah untuk selalu waspada dan memperhatikan instruksi SAR yang berada di lokasi sekitar kawah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Banjarnegara menutup objek wisata Kawah Sileri hingga batas waktu yang ditentukan kemudian.

"Tetap waspada dan hati-hati, karena kawah masih sangat aktif," dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.