Sukses

10 Pantai Cantik Garut Selatan, Memikat tapi Berbahaya

Meski terpikat hingga tak sabar untuk berenang, mayoritas pantai-pantai cantik di Garut selatan tak tepat untuk olahraga air itu.

Liputan6.com, Garut - Libur hari raya Idul Fitri lazim dimanfaatkan warga untuk berlibur. Pantai menjadi salah satu destinasi utama para turis lokal saat mudik ke kampung halaman. Tak terkecuali mereka yang berkunjung ke Garut. Kawasan Garut selatan memang memiliki sederet pantai cantik yang memikat mata.

Namun, ibarat pesona tokoh mitologi Sirens yang bersuara merdu tapi ternyata mematikan, pantai-pantai cantik Garut juga memiliki bahaya yang tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, pantai Garut selatan memiliki ombak yang ganas, karang tajam dan berpalung.

Dengan karakter tersebut, turis seringkali dilarang untuk berenang di pantai itu. Mereka yang melanggar larangan itu, siap-siap saja menerima akibatnya. Liputan6.com merangkum 10 pantai cantik Garut selatan yang memikat tapi berbahaya ini, berikut daftarnya:

1. Pantai Sayang Heulang

Panorama pantai ini memang sangat indah. Menghadap langsung ke Samudera Hindia yang luas, tumpukan batu-batuan serta tebing yang cukup tinggi di pinggir pantai, membuat mata terpesona saat menyaksikan pemandangan pantai yang indah.

Pantai ini terbagi dalam pantai pasir putih serta pantai karang. Bentangan pantai ini cukup panjang dengan deburan ombak sedang. Hingga kini pantai ini masih tetap bersih dan alami. Sangat cocok untuk berjalan-jalan di pantai, berfoto ria sambil berjemur.

2. Pantai Rancabuaya

Kondisi perairan pantai ini berwarna biru dengan tiupan angin yang sedang, bau air normal, dan temperatur normal. Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter, dan material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.

Pantai Rancabuaya, Garut selatan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan ganggang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan, fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang.

3. Pantai Cijayana

Salah satu karakteristik pantai ini memiliki konfigurasi lahan yang datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah sedang dengan daya serap tanah yang masih sangat alami. Sebutan "Laut di Atas Awan" muncul karena deburan ombak yang berada di pantai itu yang mencapai satu meter yang membuat pantai tersebut seakan berada di atas kita.

4.  Pantai Santolo

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata pantai di Garut yang menjadi primadona warga saat ini. Deburan ombak yang tidak terlalu besar, pantai ini cukup bersih serta memiliki bentang pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih yang halus. Bahkan, kehadiran taman alam Santolo yang berada di pinggir pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

Pantai Santolo, Garut selatan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Pantai Cijeruk

5. Pantai Cijeruk

Salah satu daya tarik pantai ini adalah ketinggian gelombangnya yang hanya 1 meter dengan kemiringan dasar laut yang landai sehingga cukup aman untuk berenang. Kegiatan yang bisa anda lakukan yakni berperahu, berjemur, berfotografi, dan memancing ikan sekitar bibir pantai.

Selain itu, ada hal istimewa dari pantai ini memiliki dua warna yakni warna biru yang terletak di pesisir dan tengah pantai, dan warna hijau kecoklatan di pertemuan muara. Dengan kata lain, pantai ini adalah tempat bertemunya air laut yang biru dan air sungai yang hijau kecoklatan di mulut air laut. Namun, anda harus berhati-hati atas datangnya ombak pantai selatan secara tiba-tiba.

6.  Pantai Manalusu

Pantai ini masih bersih dengan pasir putih yang membentang ke barat, pantai ini memiliki gugusan karang yang terjal di sepanjang pantai serta hamparan karang alami dengan ”seng-sengan”, yaitu sebuah lubang di antara karang-karang yang konon katanya lubang tersebut sampai ke tengah laut.

Pantai Manalusu, Garut selatan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Pantai ini pemandangan taman pantai yang indah dengan pesisir pantai yang luas serta ombak yang tidak terlalu besar. Jika Anda berminat berwisata, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi di area wisata yang berada di Desa Cigadod, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut ini.

7. Pantai Karang Paranje

Pantai ini terkenal akan gugusan batu karang di tepi pantai serta hamparan pasir halus berwarna putih sepanjang pantai. Bahkan saat petang memandang, pengunjung bisa menikmati matahari terbenam dan pagi harinya bisa menikmati matahari terbit dengan sangat jelas.

Pantai Karang Paranje, Garut selatan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Pantai ini memiliki deburan ombak besar. Jangan sekali-kali berenang bila tak cakap bermain air di bibir pantai. Risikonya fatal karena bisa tertelan ombak. Daripada berenang, lebih baik berjalan-jalan sepanjang pantai menikmati deburan ombak, berfoto ria dengan view ombak besar atau memancing.

8. Pantai Karang Gajah

Pantai ini berada di daerah Sancang yang terkenal akan kayu legendaris kaboanya. Konon, kayu ini bisa memanggil hewan harimau secara gaib. Pantai ini terkenal akan kecuraman karangnya yang besar menonjol kelaut, deburan ombak yang besar dan pemandangan yang indah. Tak jarang, pantai ini dipakai bertapa atau ziarah.

9. Pantai Cicalobak

Berada di antara Pantai Santolo dan Rancabuaya, keindahan pantai ini terletak pada tebing karangnya yang menjulang tinggi serta masih alami. Selain itu, terdapat muara sungai yang kecil serta pepohonan yang tumbuh disekitar pantai memberikan warna yang alami di pantai ini. Pantai ini terletak di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

10. Pantai Gunung Geder

Sejatinya pantai ini sudah lama mendapatkan perhatian pengunjung dan pemerintah, hal ini bisa dilihat dari gazebo-gazebo yang langsung menghadap ke laut. Namun, lemahnya pemeliharaan membuat wisata pantai ini masih terbengkalai.

Pantai Gunung Geder, Garut selatan. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Kawasan pantai ini berupa bukit kecil, anda harus menuruni anak tangga dulu yang ditumbuhi pepohonan kanan kiri. Saat tiba di bibir pantai, anda akan mendapati pasir putih dengan panorama birunya laut dan hembusan angin serta keindahan sunset saat pagi atau matahari terbenam petang hari. Pantainya bersih dan alami yang membentang panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini