Sukses

Tumpukan Batu di Candi Borobudur yang Membuat Obama Takjub

Struktur bangunan Candi Borobudur dibuat dengan 2 juta potong batu yang disusun di atas bukit. Obama terpesona dan takjub.

Liputan6.com, Magelang - Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama begitu tertarik dengan bangunan Candi Borobudur yang merupakan peninggalan Wangsa Syailendra. Ia penasaran dengan struktur tumpukan batu yang menjadi bangunan candi nan megah. 

Kepala Humas Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina, mengatakan dalam kunjungannya ke Candi Borobudur, Obama terpukau dengan kemegahan dan keindahan candi umat Buddha tersebut. Ia bahkan tak pernah jauh dari sisi pemandu demi mendengar penjelasan mendalam terkait candi tersebut.

"Beliau sangat terkesan dengan struktur candi. Struktur bangunan Candi Borobudur memang hebat sekali," kata Mura menirukan ucapan Obama yang Rabu sore, 28 Juni 2017, mengunjungi Candi Borobudur.

Seperti dijelaskan Mura, bangunan Candi Borobudur terbuat dari jutaan potong batu yang disusun di atas bukit. Penyusunan batu tersebut dilakukan dengan teknik penguncian.

"Teknik pengunciannya seperti puzzle dan sebagainya," kata dia, Kamis, 29 Juni 2017.

Menurut Mura, dari hasil penelitian bahwa di sela-sela batu yang ditata saling mengunci itu dioleskan semacam lapisan antiair yang dinamakan brajalepa. Lapisan antiair tersebut terbuat dari tanah liat, batu kapur, dan air. 

Susunan lantai batu candi Borobudur juga terdiri dari kepingan batu yang saling mengunci. ( foto : Liputan6.com/fajar abrori)

"Dengan brajalepa, maka air hujan tidak masuk ke dalam struktur bangunan yang bisa berakibat pada pergerakan bukit dan struktur bangunan candi," jelasnya.

Untuk membuat bangunan candi, kata dia, dibutuhkan batu andesit yang berasal dari sekitar wilayah Kedua seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan lainnya. Alasan Candi Mendut, Pawon dan Borobudur dibangun di daerah tersebut, karena berdekatan dengan aliran Sungai Progo dan Sungai Elo.

Struktur bangunan Candi Borobudur dibuat dengan 2 juta potong batu yang disusun di atas bukit. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

"Menurut salah satu narasumber alasannya seperti itu. Konon di sekitar aliran sungai itu ada Kampung Kerekan. Jadi dulunya, di daerah itu batunya
dikerek (ditarik) ke atas untuk bahan batu candi," katanya.

Mura pun menyebutkan dibutuhkan waktu hingga 99 tahun bagi Wangsa Syailendra untuk membuat Candi Borobudur yang tampak megah. Jumlah pekerja yang dikerahkan pun mencapai 1.000 orang.

"Bangunan Candi Borobudur dibangun dari abad 8 sampai 9 Masehi. Hingga kini, kondisi bangunannya masih kuat. Itulah yang menyebabkan Pak Obama terkesan dan takjub," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini