Sukses

Mereka yang Kecewa Jelang Kedatangan Obama ke Candi Prambanan

Liputan6.com, Yogyakarta – Sebagian wisatawan yang telah membeli tiket masuk mengaku kecewa tidak dapat masuk area pelataran Candi Prambanan di Kabupaten Sleman karena harus steril menjelang kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (29/6/2017) pagi.

"Saya ya kecewa tidak boleh masuk ke candi, tadi waktu membeli tiket tidak ada pemberitahuan," kata Setia Budi, wisatawan asal Bekasi, dilansir Antara.

Menurut dia, dirinya bersama keluarga menyempatkan untuk berwisata ke Candi Prambanan pagi hari karena siang harinya ada acara kumpul keluarga besar. "Ini baru boleh masuk ke candi nanti selepas pukul 10.00 WIB atau setelah kunjungan Obama. Padahal, kami waktunya mepet sekali," katanya.

Hal sama disampaikan Dadang, wisatawan asal Semarang, Jawa Tengah yang mengaku kecewa karena tidak bisa masuk area pelataran Candi Prambanan. Ia juga mengatakan tak diberitahu jika Prambanan harus steril jelang kedatangan Obama.

"Kalau ada pemberitahuan kan bisa mengubah waktu ke Prambanan. Ini kami sudah terlanjur berada di dalam kawasan Candi Prambanan, tetapi tidak boleh masuk ke pelataran candi," katanya.

Sari, wisatawan asal Purwakarta juga mengatakan kekecewaannya karena tidak bisa masuk ke pelataran Candi Prambanan. "Saya sudah beli tiket total Rp 400 ribu, tetapi bersama keluarga ternyata tidak boleh masuk ke Candi," ujarnya.

Seorang petugas di Candi Prambanan mengatakan menjelang kedatangan Barack Obama, kawasan Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa memang disterilisasi.

"Nanti setelah kunjungan Obama, wisatawan diperbolehkan masuk pelataran. Kunjungan wisatawan dibuka hingga sore hari," katanya.

Menjelang kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat ke Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Kamis pagi, area pelataran komplek candi ditutup untuk wisatawan. Petugas berseragam batik menutup kawasan itu dengan barikade mulai dari selasar menuju ke pelataran Candi Prambanan.

Ratusan wisatawan yang sudah melalui pintu masuk dan memadati kawasan Candi Prambanan kemudian diarahkan untuk ke kawasan Candi Sewu yang berada di sisi utara komplek Candi Prambanan.

Barack Obama akan berangkat dari Hotel Tentrem tempatnya menginap pada pukul 8.30 WIB dan langsung menuju ke Candi Prambanan. Ratusan petugas keamanan dari Polri maupun TNI berjaga di beberapa sudut kawasan Taman Candi Prambanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini