Sukses

Tinggalkan Dapur Saat Memasak, 9 Rumah Hangus Terbakar

Liputan6.com, Balikpapan - Sembilan rumah di Jalan Marsma Iswahyudi RT 22 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, hangus terbakar pada Rabu, 28 Juni 2017, sekitar pukul 19.35 Wita.

Kebakaran itu terjadi di sebuah bukit di kawasan padat penduduk di belakang Pasar Sepinggan, Gang Sumber Sari. Akibatnya, satu orang terluka dan kerugian mencapai miliaran rupiah, tetapi tidak ada korban jiwa.

"Hingga kini belum diketahui penyebab asal kemunculan api, yang pasti api begitu cepat membesar dan melalap sembilan rumah di kawasan itu," kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Kota Balikpapan Octavianto, dilansir Antara.

Berdasarkan laporan, menurut dia, api berasal dari dari rumah nomor 69 milik warga yang kerap disapa La Kali. "Keterangan yang kami peroleh, La Kali meninggalkan dapur saat memasak dan saat kembali ke dapur api sudah membesar dan merembet," kata Octavianto.

Api dengan cepat menyambar rumah tetangga La Kali karena sebagian besar rumah di kawasan tersebut berbahan dasar kayu. "Angin kencang menyebabkan api cepat melahap rumah lainnya di sebelah kanan dan kiri kediaman La Kali," ujarnya.

Kebakaran itu, lanjut Octavianto, membuat warga panik. Mereka mencoba menyelamatkan diri dan harta benda, tetapi api keburu membesar. Sebanyak 11 kepala keluarga dengan total 38 orang kini kehilangan tempat berteduh.

"Satu rumah yang ditempati keluarga Madi terbakar 20 persen," ucapnya.

Unit gabungan pemadam kebakaran yang diturunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, mampu memadamkan api kurang dari dua jam.

"Akhirnya api bisa dijinakkan sekitar pukul 21.14 Wita, dan kami dibantu warga masih melakukan pendinginan dan penyisiran," ujar Octavianto.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.