Sukses

Pagi nan Dingin di Danau yang Airnya Bisa Berubah 3 Warna

Liputan6.com, Tomohon - Jalan-jalan ke kota Tomohon, Sulawesi Utara, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi objek wisata Danau Linow. Danau yang airnya bisa berubah-ubah menjadi tiga warna ini melengkapi kekayaan alam kota yang memiliki tujuh gunung, dan tujuh danau ini.

Hawa dingin cukup menusuk saat memasuki kawasan Danau Linow, di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Suhu udara yang berkisar 18-20 derajat Celsius, membuat lokasi wisata ini menjadi pilihan bagi warga dari luar kota seperti Manado yang ingin mencari oase dari panasnya kota.

"Banyak warga yang memilih ke Tomohon, termasuk ke Danau Linow, karena memang dengan hawa yang seperti suasana semakin nyaman dan segar," ujar Imelda Widya, warga Kelurahan Wenang Selatan, Manado, Selasa, 27 Juni 2017, saat ditemui di seputar Danau Linow.

Widya bersama keluarganya datang dari Manado untuk bisa menikmati segarnya alam kota Tomohon. "Rasanya terbayarkan, biar capek datang jauh-jauh dari Manado," ujar dia.

Dari Manado, perjalanan menuju Tomohon bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor yang memakan waktu lebih kurang satu jam, dengan jarak sekitar 27 kilometer. Dari pusat Kota Tomohon, tinggal membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke danau terindah di Sulawesi Utara ini.

Di kawasan sekitar Danau Linow akan tercium aroma belerang yang cukup kuat. Di sana juga banyak ditemukan beberapa tempat pemandian air panas.

Kata Linow diambil dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan yang berarti tempat berkumpulnya air.

"Sumber belerang dan mata air panas tersebut berhubungan dengan Gunung Lokon yang masih aktif. Kandungan belerang di danau itu diduga menjadi penyebab berubah-ubahnya warna air danau. Terkadang hijau, biru, dan kuning kecoklatan," ujar Tarsi Taroreh, warga Kelurahan Lahendong yang ikut mengelola parkir

Perubahan warna air juga sering dipengaruhi waktu dan cuaca. "Jika pagi hari, air sering berwarna kuning kecoklatan. Namun beranjak siang hari dengan cuaca yang cerah, warna air menjadi hijau," ujar dia.

Danau Linow punya keunikan airnya bisa berubah 3 warna (Liputan6.com / Yoseph Ikanubun)

Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir dan paket makanan ringan. Berbagai jenis menu tersedia di sana, terutama ikan bakar dengan harga yang terjangkau.

Pemerintah Kota Tomohon terus mengembangkan potensi wisata Danau Linow. "Selain Tomohon International Festival Flowers yang menjadi agenda tahunan, kita juga turut promosikan potensi wisata yang tak kalah menarik seperti Danau Linow," kata Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.