Sukses

Gaya Sultan HB X Ucapkan Selamat Lebaran Lewat Puisi

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada yang berbeda dengan Gubernur Daerah istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat mengucapkan hari raya Idul Fitri di hadapan media.

Tahun sebelumnya ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dilakukan secara formal. Namun Lebaran tahun ini Sultan mengucapkannya dengan sedikit. Kali ini Sultan mengucapkannya melalui sebait puisi.

"Wahai jiwa tak perlu putus asa sebab Fitri telah tiba. Harapan seluruh jiwa telah sampai di Hari Kemenangan. Tak perlu sedih meski usai bulan penuh rahmat dan barokah. Sebab cahaya Idul Fitri menyambutmu dalam ceria," ujar Sultan di Komplek Kepatihan, Yogyakarta, belum lama ini.

Sultan mengaku ucapan selamat Lebaran ini lewat puisi memang baru kali pertama dilakukannya. Menurut dia, ucapan selamat hari raya Idul Fitri sesekali tak perlu formal.

"Ora ming (tidak perlu) sambutan resmi terus. Baru Idul Fitri ini sekali. Biar masyarakat yang dengar kan tertawa. Ora usah resmi resmi," ujarnya usai ucapan Idul Fitri

Adapun Sultan berharap agar masyarakat Yogyakarta maupun orang luar yang datang ke Yogyakarta dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman. Apalagi, Yogyakarta sebagai kota wisata, tentu Sultan berharap banyak orang betah di Yogyakarta.

Karena itu, sebagai kota wisata itu juga Sultan meminta kepada pedagang agar tidak menaikkan harga dagangannya.

"Tapi juga kita bisa saling menjaga dimana saya mohon para pedagang di Jogja juga tidak menaikkan harga sendiri," tutur Sultan.

Sebagai orang Yogyakarta yang mendapat tamu dari para pemudik dan wisatawan, Sultan minta agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban kota selama libur Lebaran, khususnya yang ada di kawasan wisata.

Warga sekitar harus dapat melayani wisatawan dengan baik saat libur Lebaran.

"Kita sepakat menjaga Jogja sebagai kota wisata. Saya mohon warga menjaga ketertiban dan kebersihan kota," ujar dia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.