Sukses

Info Mudik dan Wisata Asyik di Malang

Liputan6.com, Malang Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu merupakan salah satu wilayah yang sibuk saat lebaran Idul Fitri di Jawa Timur. Ada tempat ibadah penuh sejarah, kuliner khas Malang yang patut dicoba. Tak ketinggalan tempat pelesir yang menarik untuk disinggahi selama libur panjang dan bertandang ke Malang.

Masjid Bersejarah

Masjid Agung Jami’ Malang
Alamat: Jalan Merdeka Barat 3
Masjid Agung Jami’ letaknya di pusat kota, tepatnya sebelah barat Alun-alun Merdeka Kota Malang. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Kota Malang. Dibangun beberapa tahap, dimulai pada tahun 1890 dan selesai pada 1903.

Masjid ini mempunyai dua gaya arsitektur yaitu arsitektur Jawa dan Arab. Masjid ini memiliki empat soko guru atau tiang utama berbahan kayu jati yang menopang bangunan masjid, serta 20 tiang yang bentuknya mirip empat kolom utama itu.

Masjid Agung Jami’ hanya berjarak sepelemparan batu dengan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Imanuel Malang. Kedua tempat ibadah ini menjadi salah satu simbol toleransi umat beragama di Kota Malang.

Masjid Sabilillah

Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 15 Blimbing Kota Malang
Sesuai namanya, Masjid Sabilillah dibangun sekaligus sebagai monumen perjuangan alim ulama membela tanah air dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya melawan tentara sekutu. Lokasi di mana masjid ini berdiri, dahulu menjadi markas bersama Laskar Sabilillah dan Laskar Hizbullah.

Tempat para ulama mengatur strategi perjuangan saat pertempuran 10 November dan agresi militer Belanda 1947. Karena itulah, bangunan masjid ini penuh makna. Di teras masjid terdapat prasasti kecil bertuliskan, "Masjid Sabilillah sebagai monumen perjuangan kemerdekaan RI 1945 yang dipelopori oleh alim ulama".

Pilar utama sebagai penyangga berjumlah sembilan sebagai penanda jumlah wali sembilan. Ada 17 pilar kecil yang berarti hari kemerdekaan. Kubah masjid berdiameter 20 meter mengisyaratkan sifat Allah. Tinggi lantai mencapai delapan meter mengartikan bulan Agustus hari kemerdekaan, kemudian menara masjid setinggi 45 meter adalah sebagai simbol tahun kemerdekaan Indonesia.

Masjid Tiban
Alamat: Jalan Wakhid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, Turen, Kabupaten Malang.
Masjid Tiban ini sebenarnya Pondok Pesantren Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba'a Fadlrah). Bangunannya berornamen Timur Tengah dengan didominasi warna biru dan putih. Terletak di permukiman padat penduduk, masjid ini juga disebut masjid ajaib yang dibangun dalam satu malam.

Pembangunan masjid tak melibatkan masyarakat setempat, murni dikerjakan oleh para santri. Pengerjaannya pun tanpa alat berat, sehingga muncul kisah ajaib itu. Konsep pembangunan masjid ini sendiri tanpa melibatkan arsitektur, sepenuhnya digagas oleh KH Rahmat Bahru Mafdoluddin Sholeh pendiri pondok pesantren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Khas Malang

Bakso President
Alamat : Jalan Batanghari Nomor 5 Kota Malang.
Oskab begitu boso walikan atau bahasa terbalik khas Arek Malang menyebut salah satu kuliner yang paling mudah dijumpai di pelosok nusantara ini. Malang dikenal sebagai salah satu pusat bakso. Mulai dijual oleh pedagang keliling, depot sampai masuk pusat perbelanjaan modern.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Bakso President, berdiri sejak tahun 1977. Di depot ini banyak pilihan isiannya, mulai bakso kecil, bakso besar, bakso goreng, bakso tulang muda, siomay goreng dan basah, bakso goreng udang sampai keripik bakso.

Paket yang disajikan pun beragam, mulai paket bakso biasa sampai campur spesial. Lokasinya yang berada dekat rel kereta api menjadi sensasi tersendiri saat menikmati bakso di depot ini.

Tahu Telur dan Tahu Lontong
Alamat : Jalan Laksamana Martadinata 66 Kota Malang
Tahu telur merupakan salah satu kuliner khas Malang. Komposisi makanan ini terdiri dari tahu yang digoreng dengan telur. Kemudian ditambahkan tauge dan disiram dengan bumbu kacang. Ada tiga menu utama yang bisa dinikmati yakni tahu telur lontong, tahu telor nasi, dan tahu lontong biasa.

Ada banyak depot yang menjual kuliner ini, tapi salah satu depot yang tertua dan terkenal adalah Depot Tahu Telur Lonceng di Jalan Laksamana Martadinata 66 Kota Malang. Depot ini telah melayani pelanggannya sejak tahun 1935.

Rawon Rampal
Alamat : Jalan Panglima Sudirman No. 71A, Klojen, Kota Malang.
Rawon Rampal terletak di dekan Lapangan Rampal Kota Malang dan berdiri sejak 1957 atau sejak 60 tahun silam. Kuliner ini biasa disebut turis mancanegara sebagai black soup karena warna kuahnya hitam pekat.

Sebagaimana rawon umumnya yang disajikan dengan kuah dan daging sapi dengan potongan tebal nan empuk. Salah satu ciri khasnya adalah tetap menggunakan tungku dan arang untuk memasaknya. Presiden RI keenam Soesilo Bambang Yudhoyono tercatat dua kali mampir untuk menyantap rawon ini yaitu pada 2009 dan 2013 silam.

Orem-orem
Alamat : Jalan Gatot Subroto Kota Malang.
Orem-orem adalah salah satu kuliner khas Malang. Bahan dasar makanan ini adalah potongan tempe dan tempe tempe setengah busuk yang disiram dengan kuah santan yang dibuat dari campuran rempah, santan dan kaldu ayam. Potongan ketupat, tauge, dan taburan bawang goreng menambah kelezatan makanan ini.

Ada bermacam-macam lauk-pauk sebagai pendamping menikmati seporsi orem-orem ini. Mulai dari ayam goreng, telur rebus, tempe goreng dan ditambahi sambal pedas agar semakin mantab. Orem – orem Pak Syahri menjadi salah satu yang paling ramai dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata

Kampung Warna – Warni Jodipan
Alamat : Jodipan, Blimbing Kota Malang
Sebuah wisata alternatif yang nge-hits di pusat Kota Malang, terutama bagi penyuka swafoto. Masuk ke gang sempit yang berliku layaknya labirin dengan tembok rumah warga dicat dengan kombinasi warna yang mencolok mata dan dilukis dengan format tiga dimensi.

Mirip Desa Riomaggiore di Italia, Boo-Kaap di Afrika Selatan, hingga Desa Gamcheon di Korea Selatan. Ada pula yang menyebutnya ‘Favela’ Kota Malang. Berfoto dari atas Jembatan Embong Brantas dengan latar perkampungan ini juga tak kalah mengasyikkan.

Pantai Balekambang
Alamat : Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang
Pantai ini masuk wilayah pesisir selatan Kabupaten Malang. Berjarak lebih dari 70 kilometer dari pusat Kota Malang. Pantai Balekambang salah satu pantai populer karena keindahan alamnya dan pasir putih. Saat air laut surut, akan mudah menemukan beragam biota laut.

Pantai ini juga disebut-sebut sebagai Tanah Lot di pulau Jawa. Sebuah pura kecil di lepas pantai menjadi satu daya tarik tersendiri. Pantai ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti penginapan sampai mushola. Meski cukup jauh dari pusat kota, akses jalan menuju pantai ini relative sudah baik.

Selain Pantai Balekambang, masih banyak pantai nan indah di pesisir selatan Kabupaten Malang. Beberapa di antaranya misalnya Pantai Sendang Biru, Pantai Tiga Warna dan Pantai Goa China di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Juga ada Pantai Sipelot di Desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo. Tentu butuh waktu panjang jika ingin menyusuri seluruh pantai-pantai cantik itu.

Wisata Seribu Bunga Sidomulyo
Alamat : Desa Sidomulyo Kota Batu
Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur. Salah satu tempat yang layak dikunjungi adalah wisata bunga di Desa Sidomulyo. Desa ini menjadi sentra budidaya tanaman hias seperti anggrek, krisan, cemara putih, lavender dan banyak lagi. Tapi bunga mawar menjadi ikon di desa wisata ini. Berbagai bunga cantik hampir selalu ada di pelataran rumah warga desa ini.

Ada juga Pasar Bunga Sekar Mulyo yang dikelola oleh kelompok tani desa setempat. Bertandang di desa ini menyegarkan mata sekaligus ada unsur edukasi ke anak – anak. Di desa ini juga ada wisata petik apel yang langsung di lahan pertaniannya.

Wisata seribu bunga di Desa Sidomulyo hanyalah salah satu dari objek wisata di Kota Batu. Masih banyak objek wisata alam sampai wisata buatan yang bisa dikunjungi.

Jika ingin wahana permainan, ada destinasi yang dikelola oleh Jawa Timur Park. Mulai dari Jawa Timur Park I, Jawa Timur Park II, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectaculer (BNS), Museum Angkut sampai Predator Park. Di luar itu, ada juga Taman Selecta, salah satu objek wisata legendaris di Kota Batu.

 

4 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Malang

Keripik Tempe Sanan
Alamat: Jalan Sanan, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang
Keripik tempe merupakan salah satu camilan khas Malang di Kampung Tempe Sanan ini. Ada banyak varian rasa mulai dari balado, ayam bawang, ayam lada hitam, jagung bakar, keju, pedas manis dan sebagainya.

Bertandang ke Sentra Industri Tempe Sanan ini kita juga bisa melihat langsung cara pembuatan tempe sampai mengolahnya menjadi keripik. Jika ingin praktis, bisa membeli di outlet tepi jalan raya.

Namun, pembeli bisa mendapat harga jauh lebih murah jika mau masuk lebih ke dalam kampung itu dengan membelinya langsung ke perajinnya. Selain keripik tempe, beragam keripik buah seperti keripik apel sampai keripik nangka juga dijumpai di pusat oleh-oleh ini.

Kampung Keramik Dinoyo
Alamat : Jalan MT Haryono XIII Dinoyo Kota Malang
Kampung ini merupakan salah satu sentra kerajinan keramik terbaik di Indonesia. Di kampung ini, pengunjung bisa langsung membeli atau memesan keramik dengan desain yang diinginkan. Baik itu untuk suvenir, aroma terapi, dekorasi ruangan dan kebutuhan lainnya.

Jika berkunjung saat pagi hari, pengunjung bisa melihat proses pembuatan dan mewarnai keramik oleh para perajinnya. Harga keramik di tempat ini relative terjangkau. Bahkan bisa jadi bisnis menguntungkan jika bermitra dengan perajin keramik di sini.

Malang Strudel
Alamat : Jalan Raya Ardimulyo 14, Singosari Kabupaten Malang
Ini adalah salah satu oleh-oleh yang sedang hits. Strudel merupakan kue sejenis pastry yang berasal dari Austria. Cita rasa Eropa itu kemudian dimodifikasi dengan rasa lokal oleh pasangan pesohor Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar selaku pemilik gerai.

Ada beberapa varian rasa yang bisa dinikmati seperti apel, keju, coklat pisang, stroberi, nanas, jeruk, dan mix fruit. Ada beberapa outlet Malang Strudel, yakni wilayah Kota Malang yakni di Jalan Soekarno Hatta 2 kav 6, Ruko Istana Jalan WR Supratman C3/24 (depan Rumah Sakit Lavalete) dan Jalan Semeru No. 47. Lalu ada juga ada di Jalan Diponegoro no.171C Kota Batu serta di Bandara Abdurrahman Saleh Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.