Sukses

Membangun Data Center untuk Sidoarjo Sekali Sentuh

Liputan6.com, Sidoarjo - Inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi online telah diciptakan tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Saat ini ada 84 aplikasi online yang tersebar di seluruh OPD Sidoarjo.

Masing-masing OPD memiliki server sendiri-sendiri dalam menjalankan sistem aplikasi online tersebut. Untuk mempermudah layanan ODP sekali sentuh itu nantinya Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo akan mengintegrasikannya di satu server.

Pemkab Sidoarjo akan membuat data center untuk menyatukan data setiap aplikasi online yang ada. Hal tersebut dibahas melalui Publik Expose Laporan Akhir Hasil Monev Aplikasi Perangkat Daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 di Ruang Delta Karya Setda Sidoarjo.

Setda Sidoarjo Djoko Sartono mengatakan data center tersebut akan menampung data dari aplikasi online yang tersebar di masing-masing OPD.

"Kami akui anggaran yang dibutuhkan untuk membangun data center tersebut sangat besar, namun kami akan berkomiten untuk melaksanakan pembangunannya," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat 23 Juni 2017.

Menurutnya, melalui data center akan mempermudah Bupati Sidoarjo memantau kinerja bawahannya. Sistem tersebut juga akan mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami berharap semua OPD dapat membangun aplikasi online pelayanan publik dengan baik lagi," katanya.

Dia juga meminta kepada seluruh OPD meningkatkan dan mengembangkan aplikasi yang telah dibuatnya. Pasalnya di era information technology (IT) saat ini dibutuhkan inovasi-inovasi untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tolong semua OPD membangun sistem dengan baik, yang 50% tingkatkan, tidak ada pilihan lain kita harus berbasis IT," ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo Y. Siswojo mengatakan, pengintegrasian sistem aplikasi online tersebut adalah arahan pemerintah pusat. Diskominfo di daerah menjadi leading sector pengintegrasian tersebut.

"Karena itu, sejak dibentuknya Dinas Kominfo Sidoarjo bulan Januari kemarin, instruksi tersebut akan segera dijalankan," katanya.

Dia berharap tahun 2017 ini akan dapat segera dimulai pembangunan data center, dan nantinya ruang data center dibangun di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

"Kita akan membangun data center di pendopo dengan harapan tahun 2017 ini akan segara dibangun," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini