Sukses

Ribuan Personel Pasukan Oranye Makassar Dapat Kado Lebaran

Pasukan oranye adalah garda terdepan penjaga kualitas lingkungan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Makassar - Menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah, Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto membagikan bingkisan Lebaran kepada 6.000 personel "pasukan oranye" atau garda terdepan penjaga kualitas lingkungan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Tali asih Wali Kota Makassar yang berlatar belakang arsitektur dengan "pasukan oranye" itu berlangsung di Anjungan City of Makassar, Kamis, 22 Juni 2017. Acara ini dirangkai dengan buka puasa bersama.

Menurut wali kota yang akrab disapa Danny, "pasukan oranye" adalah barisan terdepan dalam menjaga kualitas lingkungan. Alhasil, seluruh ruas jalan selama ini di Kota Makassar menjadi bersih, bebas banjir, dan keasriannya tetap terjaga.

"Mereka inilah yang membuat taman jadi indah, drainase mengalirkan air dengan lancar, sehingga tidak banjir. Dan pemberian bingkisan ini adalah bentuk tali asih Pemkot Makassar terhadap satuan petugas kebersihan, brigade taman, serta satgas lainnya," ucap Danny kepada Liputan6.com, Kamis, 22 Juni 2017.

Sebagai Wali Kota Makassar, Danny berharap kepada ribuan satgas untuk terus bekerja dan berdedikasi untuk kemajuan dan kelestarian lingkungan di Kota Anging Mamiri.

Ia pun mengingatkan, semua pihak berhak menegur orang yang membuang sampah sembarang.

"Jangan mereka seenaknya saja membuang sampah dan berharap kita yang bersihkan. Bukan itu tugas kita, tapi bagaimana agar menjaga kota ini tetap bersih dan nyaman untuk semua orang," Danny memungkasi.

Sekitar 6.000 personel pasukan oranye atau garda terdepan penjaga kualitas lingkungan di Makassar, Sulawesi Selatan, mendapat bingkisan Lebaran. (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, khusus petugas kebersihan yang mendapatkan bingkisan kado Lebaran adalah 4.500 orang yang membawahi langsung 15 kecamatan se-Makassar. Sementara, 608 orang lainnya merupakan satgas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) di antaranya Laskar Drainase, Laskar Sapu Lubang, dan Lampu Jalan.

Sementara dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar terdapat 350 petugas yang mendapat bingkisan Lebaran. Mereka dari Satgas Pohon Tumbang, UPTD Tempat Pembuangan Akhir (TPA), UPTD Pemakaman, dan BSP.


Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.